Breaking News

Satelit Pantau Enam Titik Hotspot di Wilayah Sumatera Utara

Warga memantau kebakaran hutan yang terjadi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) beberapa tahun lalu. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kebakaran hutan mengancam wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau adanya sebanyak enam titik panas atau hotspot di provinsi tersebut, Sabtu (21/5/2022). 

Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan, Utami Al Khairiyah, mengatakan enam titik panas tersebut terpantau berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan satelit NOAA20.

Keenam titik panas tersebut masing-masing terpantau dua titik di Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhan batu, dua titik di Kecamatan Kwaluh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Kemudian, satu titik titik panas terpantau di Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas, dan satu titik di Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan. 

Sementara terkait cuaca pada siang hari di daerah itu pada umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Karo, Langkat, Simalungun, Deli Serdang dan sekitarnya.

Tapi pada malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang untuk daerah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Simalungun, P. Siantar Dairi, Samosir, Tebingtinggi, Toba, Taput, Asahan, Kep. Nias dan sekitarnya. 

”Adapun suhu udara berkisar antara 17.0-33.0 derajat celcius, dengan kelembapan udara 60-95 persen dan angin berhembus dari Barat Daya-Utara dengan kecepatan 5-30 km/jam,” tandas Utami juga. (tim redaksi)


#ancamankebakaran
#titikpanas
#hotspot
#kebakaranhutan
#provinsisumut
#sumaterautara
#bmkg
#prakirawanwilayah1medan
#utamialkhairiyah

Tidak ada komentar