Breaking News

Penularan Corona Terkendali, Jokowi Perbolehkan Warga Lepas Masker di Luar Ruangan

Presiden Jokowi saat mengumumkan diperbolehkan lepas masker di luar ruangan. Foto: Biro Pers Setpres

WELFARE.id-Kebijakan berani diambil Presiden Joko Widodo (Jokowi). Seiring menurunnya kasus penularan virus Corona di Tanah Air, Jokowi memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan. 

Jokowi mengatakan keputusan itu diambil pemerintah setelah memperhatikan kondisi penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia yang semakin terkendali. 

”Maka perlu saya menyampaikan beberapa hal. Yang pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022). 

Yakni, ujar Jokowi juga, pemerintah memutuskan memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan. Namun, harus tetap memakai masker saat di ruangan tertutup dan transportasi publik. 

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak mengenakan masker. Namun untuk kegiatan di ruang tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," ucapnya juga.

Sebelumnya Jokowi menyatakan kebijakan untuk melepas masker harus dilakukan bertahap dan tidak tergesa-gesa dilakukan.

"Ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa. Apapun, kita punya pengalaman saat (penularan) varian Delta seperti apa! Saat Omicron seperti apa!, Sehingga kehati-hatian, kewaspadaan itu tetap harus dilakukan," tandasnya. (tim redaksi)


#presidenjokowi
#jokowidodo
#covid19
#pandemicorona
#keputusanpenting
#lepasmasker
#kasuspenularanmenurun

Tidak ada komentar