Breaking News

Penolakan UAS Masuk Singapura, KBRI Langsung Kirim Nota Diplomatik

Penceramah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS). Foto: 
instagram@ustadzabdulsomad_official

WELFARE.id-Protes bukan hanya dilakukan masyarakat Indonesia terkait pelarangan masuk Ustaz Abdul Somad (UAS) ke Singapura. Tapi, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura juga langsung merespons penolakan yang dilakukan keimigrasian (Immigration and Checkpoints Authority/ICA) Singapura atas penolakan UAS tersebut. 

KBRI Singapura pada hari ini telah mengirimkan Nota Diplomatik kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Singapura untuk mendapatkan klarifikasi lebih lanjut perihal kejadian tersebut.

"KBRI masih menunggu keterangan lebih lanjut dari Kementerian Luar Negeri Singapura atas Nota Diplomatik tersebut," begitu petikan siaran pers KBRI Singapura, Selasa malam (17/5/2022).

Sejauh ini, KBRI telah menerima informasi mengenai adanya penolakan ICA Singapura atas penolakan masuk UAS dan enam anggota rombongannya yang bertolak ke negara tersebut pada Senin (16/5/2022).

"Kedutaan Besar RI di Singapura langsung melakukan komunikasi dengan ICA, untuk menanyakan alasan penolakan," demikian keterangan pers KBRI Singapura.

Dari komunikasi tersebut, KBRI Singapura menerima informasi dari ICA Singapura bahwa penolakan (refusal of entry) itu didasarkan pada alasan ”tidak eligible untuk mendapatkan izin masuk berdasarkan kebijakan imigrasi".

Alasan demikian masih perlu penjelasan lebih lanjut sehingga KBRI Singapura menunggu jawaban otoritas negara tersebut atas Nota Diplomatik yang sudah dikirimkan oleh KBRI tersebut.

Sementara itu, Dubes RI untuk Singapura Suryopratomo mengatakan, UAS tidak diberi izin masuk Singapura karena pihak ICA menganggap mubaligh tersebut "tidak memenuhi kriteria." Apa saja kriteria yang dimaksud, masih menunggu balasan Nota Diplomatik yang sudah dikirimkan pihak KBRI.

Suryopratomo juga menegaskan bahwa UAS dan rombongan bukan dideportasi, melainkan tidak diberi izin masuk (not to land). "UAS tidak dideportasi, tetapi tidak diberikan izin masuk Singapura. Jadi (UAS) belum masuk Singapura," ujarnya. (tim redaksi)



#kontroversi
#ustazabdulsomad
#singapura
#ditolakmasuk
#imigrasisingapura
#notaprotesdiplomatik
#dubesriuntuk singapura 
#suryopratomo
#kbrisingapura

Tidak ada komentar