Breaking News

Pemuda Papua Laporkan Ruhut Sitompul ke Polisi karena Diduga Rasis, Buntut Unggahan Foto Editan Anies Baswedan

Ruhut Sitompul. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Postingan Ruhut Sitompul di Twitter beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Unggahan foto editan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan koteka dinilai sebagian pihak sebagai tindakan rasis.

Kelompok Pemuda Papua melaporkan politikus PDIP itu atas unggahan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenakan pakaian koteka Papua ke polisi, belum lama ini. Kelompok pemuda itu melaporkan Ruhut lantaran tersinggung dengan unggahan tersebut. 

Sebelumnya, banyak yang menyebut bahwa unggahan Ruhut itu sudah masuk kategori rasis. Mengenai hal tersebut, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Endra Zulpan, membenarkan adanya laporan ke instansinya soal unggahan Ruhut Sitompul.

"Pelapor selaku pemuda Papua, melaporkan akun @ruhutsitompul ke Polda Metro Jaya,” kata Zulpan kepada wartawan, dikutip Senin (16/5/2022). Laporan kelompok pemuda Papua itu teregistrasi dengan nomor laporan LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya.

Ruhut dilaporkan dengan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE). Laporan itu dilayangkan ke kantor polisi pada Rabu (11/5/2022) kemarin.

Saat ini, kata Zulpan, polisi sedang mendalami laporan tersebut. “Laporannya masih diteliti,” singkatnya. 

Diberitakan sebelumnya, unggahan foto editan yang diunggah terbilang cukup parah. Sebab, dalam foto editan tersebut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu diedit menjadi orang suku pedalaman.  

Dalam unggahan itu, Anies Baswedan tampak tidak mengenakan baju, badannya terlihat lebih kekar dengan bulu-bulu lebat yang tumbuh di bagian dada. Ia tampak mengenakan sejumlah aksesoris khas suku pedalaman seperti perhiasan yang dirangkai dari bulu burung yang dipasang di bagian kepalanya dan kedua kedua lengannya. 

Tidak hanya itu, Anies juga tampak mengenakan taring babi yang dipasang di bagian hidung. Ruhut tidak banyak menuliskan banyak keterangan dalam unggahannya itu. 

"Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri x sip,” tulisnya di Twitter, dikutip Kamis (12/5/2022). (tim redaksi)

#ruhutsitompul
#politisipdip
#unggahanmedsos
#didugarasis
#koalisipemudapapua
#dilaporkankepolisi
#fotoeditan

Tidak ada komentar