Breaking News

Nol Kasus 2 Tahun, Korut Akhirnya Kemasukan Omicron

Penyemprotan disinfektan di tempat umum usai kasus COVID-19 pertama terkonfirmasi. Foto: Istimewa/ AFP/ Kim Won Jin

WELFARE.id-Setelah nol kasus selama pandemi COVID-19 merebak pertama kali di Wuhan, Tiongkok, Korea Utara (Korut) akhirnya mengkonfirmasi kasus pertama di wilayahnya. Virus ini terindikasi varian Omicron.

Kantor Berita Pusat Korea atau KCNA mengabarkan, bahwa otoritas Korut telah mendeteksi setelah mengumpulkan sample dari sekelompok pasien di ibu kota pada Minggu, akhir pekan lalu. Terindikasi, pasien bersangkutan terpapar subvarian dari virus corona versi Omicron yang sangat menular, yang dikenal sebagai BA.2 itu.

Bahkan KCNA langsung menyebutnya. sebagai 'insiden darurat nasional paling parah'. Pemimpin Korut, Kim Jong Un langsung menyerukan penguncian nasional (lockdown) untuk mengatasi virus 'berbahaya' setelah sub-varian BA.2 terdeteksi di Pyongyang.

Begitu terkonfirmasi wabah COVID-19 pertamanya, Korut meningkatkan kekhawatirannya akan bencana kemanusiaan. Apalagi, Korut menjadi satu-satunya negara di dunia yang tidak melakukan vaksinasi Covid.

Kim Jong Un memerintahkan penguncian di semua kota dan kabupaten, mengarahkan bisnis dan fasilitas produksi untuk beroperasi dalam isolasi untuk sepenuhnya memblokir penyebaran 'virus jahat'

Ia mengatakan, partai dan pemerintah akan memobilisasi pasokan medis yang telah ditimbun untuk mengantisipasi keadaan darurat seperti itu. Ia juga memerintahkan perbatasan, laut dan udara untuk diperkuat. (tim redaksi)

#koreautara
#konfirmasikasuscovid
#varianomicron
#covid19
#korut
#kimjongun
#pengunciannasional

Tidak ada komentar