Breaking News

Naik Pesawat Sudah Tak Perlu Tes Antigen dan PCR, Cek Teknisnya!

Sektor penerbangan. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Selain pelonggaran penggunaan masker di outdoor, pemerintah juga menetapkan kebijakan baru terkait pelaku perjalanan dengan pesawat terbang.

Pelaku perjalanan yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap tak perlu tes swab antigen hingga PCR. Menanggapi hal itu, Angkasa Pura I mendukung kebijakan pelonggaran tersebut.

VP Corporate Secretary Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan mengatakan, Angkasa Pura I mendukung kebijakan tersebut akan mendorong industri penerbangan lekas bangkit. 

"Kami selaku operator bandara menyambut baik pengumuman yang disampaikan Pak Jokowi. Kami percaya bahwa kebijakan ini nantinya akan mampu memulihkan sektor industri aviasi dan pariwisata secara perlahan dari dampak pandemi COVID-19 selama lebih dari 2 tahun ini," ucapnya. 

Terkait teknis, ia mengaku masih menunggu juknis atau Surat Edaran (SE) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Satgas COVID-19. Sementara terkait pelaku perjalanan dari atau ke luar negeri masih mengacu pada SE No 48 tahun 2022 yang diterbitkan oleh Kemenhub. 

Di mana untuk persyaratan perjalanan, yaitu tidak wajib menunjukkan hasil tes COVID-19 untuk PPDN yang telah vaksin dosis ke-3 atau booster. Sedangkan wajib menunjukkan hasil negatif RT-Antigen (1x24 jam) atau RT-PCR (3x24 jam) bagi yang telah vaksin dosis ke-2 dan menunjukkan hasil negatif RT-PCR (3x24 jam) bagi yang baru vaksin dosis ke-1. (tim redaksi)

#pelakuperjalananpenerbangan
#syaratperjalanandenganpesawat
#tespcr
#tesantigen
#covid19
#sektoraviasi
#angkasapuraI
#pesawatterbang

Tidak ada komentar