Breaking News

Mulut Kering dan Gampang Haus Bisa Jadi Tanda Awal Diabetes, Segera Cek Gula Darah!

Gula darah tinggi picu diabetes. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Gejala diabetes (prediabetes) sulit dikenali. Seringkali orang baru sadar dirinya terkena diabetes setelah mengalami gejala keparahan.

Pada tahap awal, mulut ternyata bisa menjadi detektor tingginya gula dalam darah. Mulut kering atau secara klinis dikenal sebagai xerostomia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kurangnya air liur di mulut. 

Melansir Express UK, Kamis (12/5/2022), menurut organisasi Diabetes UK, orang dengan diabetes lebih rentan terhadap mulut kering dan infeksi jamur, seperti sariawan. Sebab, kadar glukosa yang tinggi dalam darah dan air liur mereka.

Mereka juga menemukan, beberapa cara untuk mengobati dan mengurangi efek mulut kering. Ini termasuk menjaga gula darah dalam kisaran yang disarankan, dan memastikan tubuh tetap terhidrasi.

Cleveland Clinic juga mencatat bahwa mulut kering adalah gejala umum pada pengidap diabetes yang memiliki gula darah tinggi. Mulut kering jangka panjang dengan diabetes dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit gusi dan infeksi.

"Karena mulut kering mungkin merupakan gejala awal diabetes, jadi penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang gejala yang dirasakan dan untuk menjaga kebersihan mulut yang baik," kata seorang dokter di Cleveland Clinic.

Organisasi itu juga menyarankan setiap individu untuk segera menemui dokter jika mengalami gejala seperti pendarahan pada gigi atau mulut, gigi goyang, sakit mulut, luka di mulut, kesulitan mengunyah, menelan, atau berbicara. Mayo Clinic mengingatkan pentingnya mengenali gejala diabetes sedini mungkin.

Dengan begitu, kamu bisa menjalani pengobatan sedari dini yang bisa membantu mencegah komplikasi diabetes. Sementara itu, layanan kesehatan Inggris (NHS) menyarankan untuk menemui dokter umum jika kamu memiliki salah satu gejala diabetes tipe 2 atau merasa berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

"Dokter umum dapat mendiagnosis diabetes dengan tes darah. Jadi kamu harus pergi ke pusat kesehatan setempat untuk memeriksakannya," saran mereka.

Mayo Clinic menambahkan, rasa haus yang berlebihan dan peningkatan buang air kecil adalah tanda dan gejala diabetes yang umum. "Bila kamu menderita diabetes, glukosa akan menumpuk di dalam darah," kata Mayo Clinic.

Ketika itu terjadi, ginjal akan dipaksa bekerja lembur untuk menyaring dan menyerap kelebihan glukosa. Ketika  tidak dapat mengimbangi, kelebihan glukosa diekskresikan ke dalam urine, menyedot cairan dari jaringan, hingga membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Penurunan berat badan yang tak direncanakan, gatal di sekitar penis atau vagina, sariawan secara berulang kali, mengalami luka yang lama sembuh, dan penglihatan kabur termasuk gejalanya. "Jika kamu memiliki dua hal di atas, sebaiknya segera periksakan kondisi gula darahmu," imbaunya. (tim redaksi)

#gejalaawaldiabetes
#bisaterdeteksidarimulut
#sariawan
#mulutkering
#seringhaus
#glukosatinggi
#penglihatankabur

Tidak ada komentar