Breaking News

Mudik Berakhir, Jasa Laundry Reguk Cuan

Lepas lebaran, jasa laundry kebanjiran order. Foto : instagram @jourdanlaundry

WELFARE.id-Liburan telah usai. Saatnya kembali ke realita. Kembali ke rutinitas masing-masing. Nah, bagi yang baru pulang mudik, biasanya ada pekerjaan rumah yang menanti. Yap, cucian kotor yang menumpuk. 

Tak jarang mereka yang sudah malas melihat cucian yang menumpuk, akhirnya memakai jasa laundry. Salah satu jasa laundry di Jalan Ampera, Jakarta Selatan mengalami peningkatan permintaan untuk jasa kebersihan pakaian dari konsumen pascamudik. 

Supervisor Laundry Jourdan Endri Gunawan menjelaskan pada hari biasa, dalam sehari penghasilannya berkisar Rp7 juta. Namun, berbeda dengan situasi pascalebaran, pendapatannya melonjak dua kali lipat. 

Hal yang sama juga terjadi pada Calya Laundry Kiloan. Jasa laundry yang sudah buka lebih dari tiga tahun di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan itu juga banjir orderan. Daniel, pemilik usaha, memgatakan, hal tersebut bisa jadi dikarenakan asisten rumah tangga (ART) yang belum kembali dari kampung halaman dan kelelahan akibat perjalanan mudik. Ia mengaku, pada momen arus balik Lebaran pelanggan Laundry meningkat hingga tiga kali lipat. ''Alhamdulillah meningkat sekali pelanggan waktu arus balik seperti ini,'' ujarnya. 

Menurutnya, pelanggan yang datang ke tempatnya tidak sempat mencuci atau pun menyetrika baju dikarenakan kelelahan setelah mudik atau berlibur.  ia mengaku, dalam sehari bisa menampung 150 kilogram lebih pakaian kotor. "Satu orang itu bisa mengantar baju kotor 20 sampai 30 kilogram," ucapnya. 

''Kami terima cuci kiloan maupun satuan, gratis antar jemput maksimal jarak 3 kilometer dari sini dan minimal cucian 5 kilogram,'' terangnya. 

Dia juga mengatakan, kebanyakan dari pelanggan memilih untuk menyetrika pakaian saja dikarena pelanggan telah mencuci pakaiannya terlebih dahulu.  Meski kewalahan, ia bersyukur atas berkah pasca Lebaran tahun ini. "Biar keteter tapi alhamdulillah lancar," katanya. 

Dia sendiri mematok harga Rp7 ribu untuk 1 kilo pakaian. ''Itu bersih, sudah dicuci, lipat dan setrika rapi,'' pungkasnya. (tim redaksi) 

#ekonomi
#umkm
#jasalaundry
#laundrykiloan
#bisnislaundry

Tidak ada komentar