Breaking News

May Day Fiesta Hari Ini, Warga Diimbau Hindari Kawasan GBK dan Senayan

Aksi buruh May Day. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Sejumlah elemen buruh akan melakukan aksi unjuk rasa dengan mengusung "May Day Fiesta 2022", Sabtu (14/5/2022) hari ini. Kegiatan tersebut adalah aksi buruh yang tertunda pada 1 Mei lalu.

Aksi tersebut rencananya berlangsung di dua lokasi berbeda. Pertama, massa akan menyampaikan aspirasinya di depan Gedung DPR RI. 

Kedua, mereka bergeser ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengimbau agar masyarakat dapat menghindari kawasan GBK dan DPR pagi ini.

"Jangan lupa dari pagi sampai siang di depan DPR MPR juga ada aksi unjuk rasa, jadi memang sebaiknya dihindari juga kawasan DPR MPR," ucap Sambodo kepada wartawan, Sabtu (14/5/2022). Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena juga membenarkan soal lokasi aksi massa. 

Ia mengatakan, aksi di depan Gedung DPR RI berlangsung hanya satu jam. "Ya jam 09.30 WIB ada sebagian massa sekitar 10 ribu ke depan DPR untuk menyuarakan aspirasinya," kata Andi. 

Selanjutnya, massa bergeser ke GBK untuk menlanjutkan aksinya. Andi memperkirakan, sebanyak 67.200 buruh akan memadati kawasan GBK. 

"Hanya satu jam saja (aksi di depan DPR), setelah itu kita akan long march dari DPR ke GBK," ucapnya. Dirinya mengimbau, masyarakat tidak melintas di dua kawasan itu hari ini.

Andi menambahkan, para buruh yang bergabung dalam aksi damai itu terdiri dari empat elemen buruh berbeda, yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI). Hal senada juga diungkapkan Partai Buruh.

Pihaknya menyatakan ada lebih dari 50 ribu buruh akan mengikuti peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang dilaksanakan hari ini. "Akan ada lebih dari 50 ribu buruh yang mengikuti ini,” kata Ketua Umum Partai Buruh Said Iqbal dalam jumpa pers virtual, dikutip Sabtu (14/5/2022).

Ia mengatakan, demonstrasi di DPR akan digelar pada pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. Buruh akan mengajukan 18 tuntutan, salah satunya pencabutan Undang-Undang Cipta Kerja.

Selanjutnya, buruh akan bergerak ke Stadion Gelora Bung Karno. Di stadion GBK itu para buruh akan menggelar May Day Fiesta. 

Acara akan diisi dengan orasi dari Gerakan Buruh Indonesia yang terdiri dari sejumlah konfederasi serikat buruh dan serikat petani Indonesia. Iqbal mengatakan selain buruh, acara itu juga akan diikuti oleh perwakilan guru honorer, buruh migran, serikat nelayan, dan aktivis perempuan.

Menurut Iqbal, awalnya jumlah buruh yang datang mencapai 100 ribu orang. Namun, mengingat kondisi pandemi COVID-19, hanya 50 persen peserta yang boleh hadir yaitu lebih dari 50 ribu orang. 

Mereka adalah buruh yang berasal dari DKI Jakarta dan sekitarnya. Namun, peringatan ini juga akan dilakukan serentak di daerah-daerah.

Di antaranya, 20 ribu buruh di Surabaya, 5 ribu buruh di Semarang, 15 ribu buruh di Batam, 5 ribu buruh di Medan, dan puluhan ribu buruh lainnya. Mereka tersebar di kota-kota industri seperti Jogjakarta, Aceh, Padang, Bengkulu, Riau, Lampung, Sulawesi, Makasar, Gorontalo, Morowali, Kendari, Bitung, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Maluku, Mataram, Ternate, dan beberapa kota industri lainnya. (tim redaksi)

#mayday
#maydayfiesta2022
#aksiburuh
#hariburuhinternasional
#stadiongbk
#senayan
#tuntutancabutuuciptaker
#kesejahteraanburuh

Tidak ada komentar