Breaking News

Libur Waisak, Lokasi Wisata Dipadati Pengunjung

Ancol salah satu destinasi wisata favorit saat hari libur. Foto : dok welfare.id

WELFARE.id-Setidaknya 27 ribu orang mengunjungi Ancol pada hari libur Waisak, Senin (16/5/2022). Jumlah tersebut baru dihitung per pukul 12.00 WIB tadi. Hal itu disampaikan Corporate Communication PT Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho. ''Pengunjung Ancol per jam 12 ini, ada 27 ribu yang telah masuk Ancol,'' ujarnya. 

Dia menerangkan, pada awal 2022, rata-rata jumlah pengunjung di hari kerja sebanyak 6.000-7.000 orang. Sedangkan, jumlah pengunjung Ancol di akhir pekan rata-rata 20 ribuan orang. ''Ada sedikit kenaikan jika dibanding weekend reguler yang rata-rata di 20 ribuan (pengunjung),'' tandasnya. 

Ariyadi menyebut, pengunjung Ancol diharuskan membeli tiket minimal satu hari sebelum kunjungan. Dia memastikan setiap pengunjung yang datang tanpa memiliki tiket, maka tidak bisa menikmati liburan di Ancol. 

''Kami hanya menerima pengunjung yang sudah membeli tiket melalui online, kami meminta pengunjung membeli tiket H-1, kalau kita lihat masih ada pengunjung yang tidak membeli tiket. Saat ini kami memohon maaf untuk yang tidak punya tiket belum bisa masuk Ancol, kami hanya terima yang sudah memiliki tiket,'' tambahnya. 

Ariyadi meminta kepada seluruh pengunjung Ancol untuk tetap menjaga protokol kesehatan demi memimalisasi penyebaran virus Corona COVID-19. Ariyadi menyebut pihaknya sedikit memperketat aturan pengunjung Ancol. 

''Kami sarankan memiliki peduli lindungi dan harus menunjukan kategori warna hijau, dan tetap menaati protokol kesehatan. Kami menyiapkan marka pembatas jaga jarak dan wastafel yang bisa digunakan untuk cuci tangan. Kami juga ada tim satgas COVID-19 dari petugas internal, polisi, TNI, dan satpol PP untuk menjaga ketertiban di unit rekreasi Ancol,'' imbuhnya. 

Hal yang sama juga terjadi di Taman Margasatwa Ragunan. Staf Layanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan, hingga pukul 11.00 WIB tercatat ada 17.599 yang mengunjungi taman margasatwa yang berada di wilayah Jakarta Selatan itu. 'Sampai dengan pukul 11.00 WIB saya sampaikan di sini (Ragunan) ada 17.599 orang,'' ujarnya. 

Menurut Bambang, jumlah ini mengalami penurunan pada jam yang sama dibandingkan Minggu (15/5/2022) kemarin. ''Kalau kita komparasikan dengan hari kemarin di jam yang sama, kemarin tercatat sudah 23 ribu di posisi pukul 11.00 WIB. Jadi kalau kita lihat datanya, kemarin lebih tinggi ya di jam yang sama,'' terangnya. 

Dia mengimbau para pengunjung agar tetap memperhatikan protokol kesehatan selama melakukan aktivitas di dalam kawasan Ragunan. ''Tetap kita imbau pengunjung untuk tetap mematuhi prokes. Minimal selalu menggunakan masker di dalam area,'' tuturnya. 

Kemudian, kata Bambang, tidak boleh berkerumun, membuat acara-acara yang menimbulkan kerumunan, selalu membersihkan cuci tangan dengan air dan sabun yang sudah disiapkan. 

Sementara itu, meski sedang di revitalisasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tetap buka. Direktur Eksekutif TMII, I Gusti Putu Ngurah Sedana, mengatakan hingga pukul 09.00 WIB tercatat ada 1.000 pengunjung yang berwisata. ''Per jam 09.00 WIB, sekitar 1.000-an orang. Pintu 1 dan 3 tutup sedang revitalisasi,'' katanya. (tim redaksi) 

#liburwaisak
#destinasiwisata
#ancol
#ragunan
#tmii

Tidak ada komentar