Breaking News

Lewat Drama Adu Penalti, Liverpool Kantongi Piala FA

Liverpool juara piala FA usai mengalahkan Chelsea dalam drama adu penalti. Foto : instagram@liverpoolfc

WELFARE.id-Liverpool sukses meraih gelar juara Piala FA 2022 setelah mengalahkan Chelsea 6-5 lewat adu penalti dalam final yang dimainkan di Stadion Wembley, Minggu (15/5/2022) dini hari WIB. 

Adu penalti terpaksa dimainkan setelah laga kedua tim sepanjang 90 menit plus tambahan 2x15 menit berakhir imbang tanpa gol. Dalam adu penalti, dua penendang Chelsea yakni Cesar Azpilicueta dan Mason Mount gagal bersarang ke gawang Liverpool. Azpilicueta yang menjadi penendang kedua tendangannya membentur tiang gawang. 

Harapan Chelsea sempat hidup setelah Sadio Mane yang menjadi penendang terakhir juga gagal mencetak gol setelah ditahan Mendy sehingga skor 4-4. 

Setelah itu Kai Havertz dan Diogo Jota berhasil mencetak gol dalam lanjutan adu penalti. Namun Mason Mount yang menjadi penendang berikutnya gagal mencetak gol setelah ditepis Alisson. Kemenangan Liverpool ditentukan lewat sepakan Konstantinos Tsimikas yang berhasil berbuah gol. 

Ini menjadi gelar juara Piala FA ke delapan kalinya diraih Liverpool setelah yang terakhir tahun 2016 lalu. Piala FA 2021/2022 menjadi gelar kedua Merseyside Merah musim ini setelah Piala Liga Inggris. Sedangkan buat Chelsea ini menjadi kedelapan kalinya mereka harus puas menjadi runner up. 

Piala FA merupakan trofi keenam yang dihadirkan Juergen Klopp untuk Liverpool. Gelar ini sekaligus melengkapi apa yang sudah ditorehkan manajer 54 tahun tersebut sejak berkarier di Anfield pada 2015. 

Ada rekor menarik yang dibukukan Klopp usai membawa Liverpool menjadi juara Piala FA. Opta mencatat, Klopp menjadi manajer Liverpool pertama yang sukses mengoleksi seluruh gelar tertinggi level domestik, serta titel paling bergengsi di Eropa. 

Klopp menyamai apa yang sebelumnya hanya diraih manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. Klopp juga menjadi juru taktik asal Jerman pertama yang merengkuh trofi Piala FA sepanjang sejarah. 

Jalannya Pertandingan 

Di babak pertama, Liverpool mampu memberikan tekanan sejak menit awal. di menit 9 Liverpool hampir membuka skor setelah umpan terobosan Alexander-Arnold disambut dengan tendangan Luis Diaz yang masih bisa diselamatkan oleh kiper Mendy. Tak lama kemudian ancaman datang dari Keita yang melepaskan tembakan melebar dari tiang kanan. 

Chelsea yang sepertinya terlambat panas perlahan mulai bisa mengembangkan permainan. Ancaman pertama datang lewat tendangan Mason Mount di menit 25 yang masih melebar. Dua menit berselang kiper Alisson melakukan penyelamatan dari tendangan Alonso. 

Liverpool harus kehilangan Mohamed Salah yang mengalami cedera di menit 31. Pelatih Jurgen Klopp kemudian menariknya dan mengganti dengan Diogo Jota. 

Satu menit jelang babak pertama berakhir Jota nyaris mencetak gol setelah tendangannya menyelesaikan kerja sama Thiago dan Andy Robertson masih melebar. 

Di awal babak kedua, Chelsa nyaris membuat kejutan setelah Marcos Alonso mendapat dua peluang emas di menit 47 dan 48 yang masih bisa diamankan kiper Alisso. 

Liverpool membalas di menit 52 lewat tendangan Luis Diaz yang sayangnya masih melebar. Begitu juga dengan ancman dari Diogo Jota yang masih belum membuahkan hasil setelah tendangan kanannya di menit 69 masih melambung. 

Dua peluang beruntun didapat Liverpool di menit 83 dan 84 ketika tendanan Luis Diaz masih melebar serta sepakan Jota membentur tiang gawang. 

Skor 0-0 membuat laga dilanjutkan babak tambahan 2x15 menit. 

Tidak ada perubahan terjadi sepanjang babak tambahan 2x15 menit. Skor tetap 0-0 memaksa pertandingan ditentukan lewat adu penalti. 

Susunan pemain 

Chelsea: Mendy; Chalobah, Silva, Rudiger; James, Kovacic, Jorginho, Alonso; Mount, Lukaku, Pulisic. Cadangan: Kepa, Azpilicueta, Sarr, Kante, Loftus-Cheek, Saul, Barkley, Werner, Ziyech. 

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson; Henderson, Thiago, Keita; Salah, Mane, Diaz. Cadangan: Kelleher, Milner, Firmino, Gomez, Jones, Jota, Tskimikas, Origi, Matip. (tim redaksi)

#FAcup
#liverpoolfc
#lfc
#sepakbola
#thereds
#juergenklopp

Tidak ada komentar