Breaking News

Lakukan Kejahatan Skimming, Warga Negara Latvia Ditangkap Polisi

Tersangka pelaku skimming ATM, Roberts Markarjancs (kiri) yang ditangkap tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jumat (20/5/2022). Foto: Istimewa 

WELFARE.id-Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya meringkus seorang warga negara Latvia bernama Roberts Markarjancs atau RM, 46. Warga salah satu negara di Eropa Timur itu dicokok karena melakukan pencurian uang nasabah bank melalui ATM dengan modus skimming.

Untuk diketahui, skimming dalah pencurian data menggunakan alat khusus yaitu skimmer yang berbentuk mulut slot kartu ATM. Saat kartu ATM sudah masuk, maka skimmer akan membaca dan merekam setiap data yang terdapat pada kartu ATM. Lalu pelaku menguras uang di ATM korbannya. 

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombespol Hengki Haryadi mengatakan kalau pelaku kejahatan yang merupakan warga negara asing itu ditangkap di kawasan Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

"Iya benar, pelaku skimming yang juga warga negara asing telah kami amankan dan kini tengah menjalani pemeriksaan secara intensif," kata Hengki kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Terpisah, Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Handik Zusen menjelaskan penangkapan terhadap RM, 46, dilakukan sesuai dengan laporan dari salah satu bank yang sering mengalami tindak skimming.

"Dengan adanya laporan tersebut, tim Opsnal Unit IV Subdit Tahbang/Resmob melakukan penyelidikan dan melakukan olah TKP, observasi dan mengambil CCTV di beberapa lokasi," ujar Handik.

Hasilnya, satu orang dicurigai sebagai pelaku dan langsung dilakukan pengejaran. Dalam prosesnya, Handik menyebut pelaku sempat beberapa kali berpindah saat hendak ditangkap oleh jajarannya.

"Pelaku sempat beberapa kali berpindah-pindah saat hendak ditangkap," jelasnya. Saat ini, kata Handik juga, RM masih menjalani pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut guna mengetahui apakah pelaku beraksi seorang diri ataupun dibantu pihak lain dan berkelompok. (tim redaksi)


#kriminalitas
#kejahatanperbankan
#skimming
#warganegaraasing
#bobolatmwarga
#poldametrojaya
#ditreskrimum
#direkturreskrimum
#kombespolhengkiharyadi

Tidak ada komentar