Breaking News

Klasemen Medali SEA Games 31, Indonesia Melorot ke Posisi Kelima

Atlet renang Flairene Candrea Wonomiharjo menorehkan emas dari cabang renang nomor 100 meter gaya punggung putri. Foto: Antara

WELFARE.id-Peringkat perolehan medali kontingen Indonesia kembali melorot. Indonesia kembali menempati peringkat kelima klasemen medali SEA Games 2021 pada Rabu (18/5/2022). 

Menurut catatan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) kontingen Merah Putih mengoleksi 27 emas, 42 perak, dan 38 perunggu dengan total perolehan 107 medali.

Indonesia sebenarnya sempat naik ke peringkat keempat pada Selasa siang tetapi posisi Garuda disalip oleh perolehan medali atlet-atlet Singapura.

Sepanjang Selasa (17/5/2022), atlet-atlet Tanah Air  menambah 14 medali dengan rincian tiga emas, empat perak, dan tujuh perunggu.

Tiga medali emas diperoleh dari cabang boling, renang, dan atletik tolak peluru.

Hardy Rachmadian serta Ryan Leonard Lalisang berhasil meraih emas boling dengan mencatatkan skor 1.362 dan 1.280.

Sementara, atlet renang Flairene Candrea Wonomiharjo menorehkan emas dari cabang renang nomor 100 meter gaya punggung putri.

Perolehan ini merupakan emas kedua Indonesia di renang putri SEA Games 2021. Renang merupakan cabang olahraga (cabor) yang telah absen mendulang podium tertinggi dalam 11 tahun terakhir dalam gelaran SEA Games.

Medali emas terakhir Indonesia pada Selasa (17/5/2022) datang dari cabang atletik kategori tolak peluru putri lewat atlet Eki Ekawati Febri.

Emas yang ia dapatkan merupakan medali emas SEA Games 2021 pertama Indonesia dari cabor atletik. Sedangkan tiga medali perak Indonesia datang dari Muhammad Aliansyah (Greco Roman putra 67kg), Riska Andriyani (Canoe tunggal putri 1000m), Alan Raynold Kumaseh (Esports-PUBG Mobile-Individu), dan Nurul Fajar Fitriyati (renang putri 200m gaya punggung).

Sementara, medali perunggu antara lain dipersembahkan oleh Susanto Megaranto (catur putra individual rapid), I Gede Siman Sudartawa (renang putra 50m gaya punggung), dan Reinaldy Atmanegara (taekwondo-Kyorugi putra under 54 kg).

Untuk perolehan medali, tuan rumah Vietnam masih memimpin perolehan medali dengan 105 emas, 65 perak, dan 63 perunggu dengan total 233 medali.

Target kontingen Indoensia sendiri sebelum turnamen dimulai adalah 70-72 medali emas, tak jauh beda dengan perolehan SEA Games Filipina 2019 ketika kontingen Indonesia berhasil meraih 72 emas.

Sedangkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjadikan SEA Games 2021 sebagai target antara untuk ajang-ajang lebih besar seperti Asian Games 2022 dan Olimpiade Paris yang akan digelar 2024 mendatang. (tim redaksi)


#seagames31
#hanoi
#vietnam
#perolehanmedali
#atletmerahputih
#timnasgaruda
#posisikelima
#posisiturun

Tidak ada komentar