Breaking News

Kilang Minyak Pertamina di Balikpapan Terbakar, Satu Pekerja Tewas dan Tiga Alami Luka Bakar

Kepulan asap hitam membumbung ke langit akibat kebakaran yang terjadi di area Pertamina RU V Balikpapan, Minggu (15/5/2022). Foto: Tangkapan layar video/istimewa

WELFARE.id-Kebakaran kembali terjadi di kilang minyak milik Pertamina. Kali ini, kebakaran terjadi di area kilang Pertamina Refinery Unit (RU) V Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Minggu (15/5/2022) siang. 

Dalam peristiwa itu, satu pekerja tewas sedangkan lima pekerja lainnya terluka. Meski demikian api berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam setempat. Kelima korban dibawa ke Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) dan klinik terdekat untuk menjalani perawatan medis.

Informasi yang diperoleh, warga sekitar melihat asap hitam membubung tinggi dari arah dalam kilang Pertamina RU V.

"Iya, ada dengar bunyi ledakan tadi," ujar Wati, warga Karang Jati, Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan. Sesaat terjadi ledakan, warga melihat asal hitam tebal dari kilang yang terbakar.

”Iya benar. Ada kebakaran di kilang RU V sekitar jam 11 tadi,” terang Kabid Humas Polda Kaltim Kombespol Yusuf Sutejo, Minggu sore (15/5/2022). Yusuf menerangkan belum diketahui persis sebab kejadian itu. ”Belum diketahui (sebab kebakaran) masih kami lakukan penyelidikan. Peristiwanya juga baru kejadian,” ujar Yusuf.

Yusuf juga mengatakan kalau api sudah berhasil dipadamkan. ”Iya, penyelidikan bersama Pertamina dan kepolisian terkait kebakaran ini tengah dilakukan. Lokasi juga sudah ditutup, disterilisasikan,” ungkap Yusuf lagi.

Satu pekerja yang dilaporkan tewas dalam insiden kebakaran kilang minyak Pertamina di Kota Balikpapan merupakan pekerja kontraktor yang saat kejadian berada di lokasi kebakaran bersama 5 korban selamat.

"Satu orang tidak berhasil diselamatkan merupakan pekerja kontraktor," terang Manager Com Rel & CSR Refinery Unit VI Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional Ely Chandra, Minggu malam (15/5/2022).

Ely juga menjelaskan terdapat 6 pekerja saat terjadi kebakaran terjadi di lokasi yang disebut Plant 5 tersebut. Tiga pekerja mengalami luka bakar sedangkan dua lainnya hanya terpapar panas api dari bahan yang terbakar.

"Terdapat tiga orang luka bakar yang merupakan pekerja Pertamina dan saat ini tengah dilakukan upaya perawatan maksimal di RS Pertamina Balikpapan, dua orang korban yang terpapar panas yang merupakan pekerja dari kontraktor telah selesai perawatan di klinik dan telah kembali ke rumah masing-masing," terangnya juga. 

Sementara itu, GM Kilang Balikpapan Wahyu Sulistyo Wibowo mengungkapkan rasa belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya korban dalam kebakaran tersebut. Dia memohon maaf kepada keluarga bahwa setelah upaya maksimal korban tidak dapat diselamatkan.

"Musibah ini menimbulkan keprihatinan. Namun kami akan memastikan penanganan akan dilaksanakan semaksimal mungkin kepada semua korban," ujar Wahyu. (tim redaksi)

#kebakaran
#kilangpertamina
#pertaminarefineryunit(ru)V
#kotabalikpapan
#kalimantantimur
#provinsikaltim
#poldakaltim
#kabidhumas
#kombespolyusufsutejo
#gmkilangbalikpapan 
#wahyusulistyowibowo

Tidak ada komentar