Breaking News

Kena Serangan Jantung, Kasdam XVI/Pattimura Wafat

Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura Brigjen TNI Stepanus Mahury. Foto: TNI AD

WELFARE.id-Jajaran TNI AD utamanya Kodam Pattimura berduka. Itu terjadi setelah  Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura Brigjen TNI Stepanus Mahury meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Ambon, Maluku, Sabtu sore (14/5/2022) pukul 17.47 WIT akibat gagal jantung. 

Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura Kolonel (Arh) Adi Prayogo dalam keterangannya Sabtu malam (14/5/2022) membenarkan meninggalnya orang kedua di Kodam Pattimura itu akibat gagal jantung.

"Kami menyampaikan berita duka. Telah pulang ke rumah Bapa di Surga Brigjen TNI Stepanus Mahury, Kasdam XVI/Pattimura, pada Sabtu (14/5) pukul 17.47 di RS Siloam Ambon karena sakit," ujarnya.

Kapendam menegaskan bahwa Brigjen Stepanus Mahury merupakan sosok pimpinan yang baik. "Beliau orang baik dan berhak mendapatkan tempat terbaik pula di surga. Percayalah Tuhan Yesus sudah bersama dengannya di sana," ujar Kapendam.

Meski begitu, Adi tidak menjelaskan kronologi meninggalnya Kasdam Stepanus, namun berdasarkan informasi yang diperoleh, almarhum sempat dievakuasi dari rumah dinas ke Rumah Sakit Tentara (RST) dr. J.A Latumeten.

Namun karena kondisinya memburuk kemudian dirujuk ke RS Siloam. Saat tiba di RS Siloam, almarhum langsung mendapatkan pertolongan tim medis. Proses penanganan darurat oleh tenaga medis disaksikan langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon.

Namun orang nomor dua di Kodam Pattimura itu akhirnya mengembuskan napas terakhir. Kabar meninggalnya Kasdam Pattimura sangat mengejutkan warga Kota Ambon, termasuk para wartawan.

Pasalnya, beberapa jam sebelumnya almarhum sempat mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon untuk mendampingi Gubernur Maluku Murad Ismail membuka bakti sosial "Kalesang Sungai" di Kota Ambon.

Bakti Kalesang Sungai merupakan salah satu kegiatan yang digelar jajaran Kodam XVI/Pattimura memeriahkan HUT ke-23 komando teritorial TNI AD itu pada 15 Mei 2022.

Brigjen Stepanus Mahury lahir di Piru, Ibu Kota Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada 17 Mei 1965 dari pasangan Maria Pagora Maris dan Daniel Mahury.

Almarhum menjabat Kasdam XVI/Pattimura sejak 25 Februari 2022 berdasarkan SK Panglima TNI Nomor Kep/179/II/2022, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang ditandatangani langsung oleh Panglima TNI Jendral TNI Andika Perkasa.

Lulusan Akmil tahun 1988 dan mahir dalam bidang infanteri itu menjadi perwira tinggi TNI-AD sejak sejak 13 September 2021 dan menjabat sebagai Aspotwil Kaskogabwilhan III.

Ia meninggalkan istri Sri Diani Krisniawati serta dua orang putra dan seorang putri yakni Rivan Andriawan Mahury, Renita Laira Mahury, dan Rendy Ardiansyah Mahury. (tim redaksi)


#beritadukacita
#kodampattimura
#kepalastafkodamXVI/pattimura 
#brigjentnistepanusmahury 
#seranganjantung
#pangdampattimura
#mayjentnirichardtampubolon

Tidak ada komentar