Breaking News

Kecelakaan Bus Tol Sumo, Sopir Terindikasi Gunakan Sabu

Kecelakaan maut bus di tol Sumo. Foto : ist

WELFARE.id-Pengemudi bus yang mengalami kecelakaan di tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Senin (16/5/2022), ternyata merupakan sopir pengganti. Menurut Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman, sopir pengganti itu baru membawa bus sekitar 17 km dari lokasi kecelakaan di Km 712+400 Jalur A. 

Latif menerangkan, sopir pengganti tersebut kini dalam kondisi terluka dan masih dalam perawatan. Namun demikian sopir pengganti itu masih bisa diajak berkomunikasi. ''Tadi kami sudah sempat menanyakan (kepada sopir) bagaimana saat kejadian. Tapi memang saya tidak menanyakan lebih detail, katanya sopir ini (mengaku) mengantuk,'' katanya dikutip Selasa (17/5/2022). 

Terkait dengan status sang pengemudi, Kombes Pol Latif Usman menegaskan bahwa yang bersangkutan adalah sopir pengganti. ''Sopir ini adalah sopir pengganti. Dia mengganti sopir (utama) di rest area 695. Berarti dia baru menyetir sekitar 17 kilo dari rest area ke TKP tersebut,'' imbuhnya. 

Ia menerangkan, dari hasil pemeriksaan tes urine, si sopir terindikasi narkoba jenis sabu-sabu. ''Ada indikasi pengemudi menggunakan narkotika jenis sabu, hasil dari tes urine sementara,'' tukasnya. 

Oleh sebab itu, Ditlantas Polda Jatim akan bekerja sama dan berkoordinasi dengan Ditresnarkoba Polda Jatim untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut apakah sopir tersebut benar menggunakan narkoba atau di mana dan kapan sopir memakai narkoba, karena dari pengakuan sopir dirinya tidak memkai narkoba. 

''Nah ini kita harus lebih mendalami bersama Ditres Narkoba Polda jatim, apakah memakai narkoba itu di mana, dan kapan, karena ada waktu selama perjalnan Surabaya-Wonosobo dan ke Yogyakarta, ada waktu berhenti, dan ada waktu 1 jam sopir ini tidak mengikuti acara di Dieng,'' tambahnya. 

Dia menerangkan, petugas sudah melakukan olah TKP. Dari hasil analisis kejadian tersebut diharapkan akan terlihat pola kecelakaan. Aparat, kata Kombes Pol Latif Usman, juga masih akan meminta keterangan lebih lanjut dari sopir yang mengemudikan bus. Keterangan itu akan digabungkan dengan keterangan saksi lainnya. ''Kami juga akan minta bantuan Dinas Perhubungan dan ATPM untuk melihat atau mengecek kondisi bus,'' pungkasnya. 

Seperti diberitakan, Bus Ardiansyah bernomor polisi S 7322 UW yang dikemudikan sopir berinisial AF mengalami kejadian naas. 15 orang dari 25 penumpang yang ada didalamnya meninggal dunia. (tim redaksi) 

#kecelakaanbus
#tolsumo
#surabaya
#mojokerto
#poldajatim

Tidak ada komentar