Breaking News

Jogja Rawan Gempa, PUPR Bangun Jembatan Kretek 2 Berteknologi Antigempa

Foto: Istimewa/ Dok.Pemkab Bantul

WELFARE.id-Daerah Jogjakarta rawan gempa. Maka itu, dibutuhkan infrastruktur dengan teknologi antigempa.

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim, menbangun jembatan Kretek 2 di Jogja dengan teknologi antigempa. Sebab, jembatan  tersebut dibangun dengan melihat kondisi di wilayah tersebut yang masuk wilayah  berpotensi gempa yang cukup tinggi. 

"Untuk melancarkan kegiatan sehari-hari warga Jogjakarta, Ditjen Bina Marga membangun jembatan Kretek 2 menggunakan teknologi tahan gempa," tulis akun resmi Instagram @pupr_binamarga, dikutip Kamis (19/5/2022). Pihaknya juga menjelaskan pembangunan lokasi jembatan tersebut berada di sekitar area sesar aktif opak atau area dengan potensi gempa yang cukup tinggi. 

Maka, pembangunan jembatan tahan gempa menjadi pilihan tepat untuk dibangun di wilayah tersebut. Sesar sendiri adalah patahan aktif di dalam tanah yang membentang di tengah Daerah Istimewa Jogjakarta. 

Sesar tersebut bergerak secara aktif,  sehingga seringkali menjadi penyebab utama terjadinya gempa. Jembatan Kretek 2 ini bertipe I-Grider yang dilengkapi oleh lead Rubber Bearing (LRB), sehingga mampu menahan guncangan gempa.

Sehingga, saat terjadi gempa pergerakan joint atau pertemuan antara oprit dan jembatan menjadi lebih luas, yaitu 39 cm. "Jadi warga Jogjakarta gausah khawatir lagi dengan rusaknya akses jalan jika terjadi bencana gempa," tulisnya. (tim redaksi)

#jembatankretek2
#jembatanantigempa
#jogjakarta
#aksesjalanan
#berteknologiantigempa
#daerahrawangempa
#ditjenbinamarga
#kementerianpupr

Tidak ada komentar