Breaking News

Jalan-Jalan ke Samarinda, Kurang Afdol Jika Tak Bawa Pulang 4 Oleh-Oleh Ini


Kue Keminting khas Samarinda, Kalimantan Timur. Foto: Ilustrasi/ Net
 
WELFARE.id-Kekayaan kuliner Indonesia tak akan habis digali. Selalu ada makanan baru, tradisional, enak, dan unik yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Nah, jika kamu punya kesempatan berkunjung ke Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), beberapa makanan khas ini tak boleh lupa dibawa pulang. Jadi, tak ada lagi alasan untuk tidak memasukkan Samarinda menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang wajib untuk kamu kunjungi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (14/5/2022), berikut ini 4 oleh-oleh khas Samarinda yang wajib kami bawa pulang:

1. Abon kepiting Samarinda

Abon kepiting menjadi salah satu oleh-oleh khas Samarinda. Kalau biasanya abon terbuat dari daging sapi, ayam, atau ikan, di Samarinda terdapat abon unik yang terbuat dari daging kepiting.

Oleh-oleh abon kepiting khas Samarinda ini bisa kamu dapatkan di pusat oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, abon kepiting juga cukup tahan lama, sehingga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan.

2.  Kue keminting

Kue keminting menjadi salah satu oleh-oleh khas yang identik dengan ibu kota Kalimantan Timur. Bagi yang sering berkunjung ke Samarinda tentu tak asing lagi dengan kue yang satu ini.

Keminting atau yang berarti biji kemiri dalam bahasa setempat merupakan sebuah kue kering yang berbentuk seperti kerang. Kue keminting terbuat dari campuran gula aren dan tepung sagu, sehingga memiliki cita rasa yang manis.

Jika dilihat sepintas mungkin kamu beranggapan jika kue keminting ini memiliki tekstur yang keras, namun kamu salah besar. Kue ini memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalamnya.

3. Amplang

Amplang yang terbuat dari ikan tenggiri merupakan makanan oleh-oleh khas Samarinda. 
Amplang termasuk makanan ringan seperti kerupuk yang terbuat dari tepung tapioka dan juga ikan tenggiri.

Amplang sendiri memiliki citarasa yang renyah dan gurih. Selain enak dimakan langsung, amplang juga cocok disantap sebagai lauk pendamping nasi yang lezat.

4. Gula gait Samarinda

Samarinda selain terkenal dengan abon kepiting dan amplangnya, ada pula oleh-oleh lain bercita rasa manis yang terkenal dari daerah tersebut, yakni gula gait. 

Gula gait adalah makanan tradisional yang terbuat dari campuran gula aren dan gula pasit putih yang diolah menjadi karamel mirip gulali, lalu dibentuk memanjang menyerupai kayu.

Warna oleh-oleh khas Samarinda ini kecokelatan, bertekstur renyah, sedangkan rasanya didominasi manis dan legit, cocok untuk memuaskan mulut pencinta makanan manis. (tim redaksi)

#oleholehkhassamarinda
#kuekeminting
#abonkepiting
#amplang
#gulagait
#kulinerindonesia
#pencintakuliner

Tidak ada komentar