Breaking News

Jabatan Habis Oktober, Ini Tiga Nama Calon Penjabat Gubernur yang Layak Gantikan Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal berakhir pada Oktober 2022. Beredar tiga nama bakal calon penjabat (Pj) Gubernur DKI yang akan menggantikan Anies sampai dengan digelarnya Pilkada Serentak 2024 mendatang.

Ketiga nama itu adalah Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, Heru Budi Hartono (Kepala Sekretariat Kepresidenan RI), dan Juri Ardiantoro yang pernah menjabat Ketua KPU DKI Jakarta.

Menanggapi itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menilai ketiga bakal calon Pj Gubernur DKI semuanya mumpuni dan layak menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta. 

”Kalau melihat dari tiga nama yang diusulkan, semuanya bagus. Pak Heru Budi bagus, pernah jadi eksekutif Ibu Kota, tentu beliau paham dengan psikologis Jakarta. Pak Marullah bagus, sekarang menjabat sebagai Sekda DKI. Begitu pun dengan Pak Juri Ardiantoro, banyak pengalaman dalam memimpin,” kata Zita, Minggu (15/5/2022).

Zita menegaskan, Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memiliki kewenangan menunjuk siapa yang akan jadi Pj Gubernur DKI Jakarta mendatang. Dia berharap, siapa pun yang dipilih nanti akan melanjutkan pembangunan DKI Jakarta yang belum selesai.

”Siapa pun yang akan ditunjuk menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta, semoga bisa merealisasikan rencana pembangunan yang belum terealisasi dan melanjutkan apa yang sudah berjalan,” tuturnya.

Ia kembali mengatakan, ketiga nama tersebut cocok untuk nantinya memimpin DKI. Namun, hal tersebut tetap berada di tangan pusat. ”Kalau dilihat dari track record-nya juga ketiganya sangat mumpuni untuk memimpin Ibu Kota,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan akan menyerahkan seluruh keputusan ke pemerintah pusat terkait bakal nama Pj Gubernur DKI Jakarta. 

“Pokoknya kita serahkan kepada pemerintah pusat yang terbaik,” ucap Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Namun, dia mengatakan siapa pun pengganti Anies dipastikan memiliki kompetensi yang mumpuni. ’Yang penting nanti siapa pun yang ditugaskan kita dukung bersama. Pasti yang ditugaskan adalah orang yang memiliki kompetensi dan pemahaman yang baik,” ujarnya.

Politisi Partai Gerindra menegaskan, posisi Pj Gubernur DKI Jakarta menjadi kewenangan penuh presiden, dan dirinya tidak ingin mencampuri urusan pemerintah pusat, termasuk kewenangan presiden. ”Kami serahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat,” cetus Riza. (tim redaksi)

#gubernurjakarta
#penjabatgubernur
#pilkadaserentak2024
#wagubdkijakarta
#ahmadrizapatria
#marullahmatali
#herubudihartono
#juriardiantoro

Tidak ada komentar