Breaking News

Ini Lima Kota yang Punya Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Asia

Kota Kabul di Afghanistan yang merupakan kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di Asia. Foto: Reuters

WELFARE.id-Kota yang nyaman untuk ditinggali harus minim dari aktivitas kriminalitas. Untuk diketahui kriminalitas merupakan sebuah tindakan maupun perbuatan jahat yang melanggar norma hukum dan merugikan orang lain.

Tindakan kriminalitas itu bisa berupa pencurian, kekerasan, penipuan, penganiayaan, hingga pembunuhan. Tapi aksi kriminalitas sering ditemukan di berbagai kota, dengan tingkat dan kejadian yang berbeda-beda.

Kota mana saja yang memiliki kriminalitas tertinggi di kota-kota di Asia? Melansir laman numbeo berikut ini adalah 5 kota yang memiliki tingkat kriminalitas tertinggi di Asia:

1. Kabul (Afganistan)

Kota Kabul menempati urutan pertama sebagai kota di kawasan Asia dengan tingkat kriminalitas tertinggi. Indeks kejahatan di Kota Kabul mencapai 78,13.
Dalam tiga tahun terakhir, angka kriminalitas di ibu kota negara yang kini dikuasai Taliban itu selalu meningkat.

Kriminalitas tersebut berupa pengrusakan rumah-rumah, pencurian maupun perampokan, pengrusakan properti pribadi, pengedaran narkoba, hingga berbagai aksi kekerasan.

Tingkat keamanan orang saat berjalan sendirian di siang hari terbilang rendah, yakni 33,59. Sedangkan keamanan berjalan sendirian di malam hari lebih rendah lagi, mencapai 20,94.

2. Meerut (India)

Meerut, merupakan salah satu kota di India, yang menduduki kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di Asia setelah Kabul. Di Meerut, indeks kejahatannya mencapai 68,89.

Bentuk kriminalitas yang terjadi biasanya berupa pencurian maupun perampokan, penyerangan fisik maupun verbal, pengedaran narkoba, pengrusakan properti pribadi, dan korupsi atau suap.

Saat siang hari, tingkat keamanan berjalan seorang diri saat siang di kota ini berada di posisi sedang mencapai 41,69. Sementara, keamanan berjalan sendirian di malam hari cukup rendah yaitu 24,24.

3. Damaskus (Suriah)

Suriah merupakan salah satu negara di Asia yang kerap terjadi peperangan di dalam negaranya sendiri. Tak hanya peperangan dalam negeri saja, negara ini juga pernah terlibat perang dengan negara lain.

Di Suriah terdapat Kota Damaskus yang memiliki indeks kriminalitas mencapai 67,95. Angka ini menempatkan Damaskus di urutan ketiga dalam daftar kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di Asia.

Pengrusakan properti pribadi, pencurian dan perampokan, penyerangan verbal, korupsi, pengedaran narkoba, dan kekerasan adalah bentuk-bentuk kriminalitas yang umum terjadi di Damaskus.

Tingkat keamanan berjalan sendiri, baik saat siang maupun malam hari, di kota ini rendah. Yakni, 39,63 di waktu siang dan 28,16 saat malam hari.

4. Almaty (Kazakhstan)

Almaty merupakan salah salah satu kota di Kazakhstan yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi di Asia. Indeks kriminalitas kota ini mencapai 65,24.

Dalam tiga tahun terakhir, angka kriminalitas di Almaty meningkat. Tak berbeda dengan kota-kota lainnya, kriminalitas di Almaty umumnya pengrusakan properti pribadi, pencurian maupun perampokan bersenjata, penyerangan verbal, kekerasan, pengedaran narkoba, dan korupsi atau suap.

Tingkat keamanan berjalan seorang diri pada siang hari di kota ini berada di posisi sedang yaitu 57,90 dan keamanan berjalan sendirian di malam hari rendah yaitu 26,13.

5. Klang (Malaysia)

Dengan indeks kejahatan mencapai 64,52, Kota Klang menempati posisi kelima sebagai kota dengan tingkat kriminalitas tinggi di Asia.

Tingkat kejahatan di kota ini kian meningkat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Kriminalitas yang terjadi di Klang antara lain, pengrusakan rumah, pencurian maupun perampokan bersenjata, penyerangan verbal, pengedaran narkoba, dan kekerasan.

Keamanan berjalan sendirian pada siang hari di Klang berada di posisi sedang yaitu 48,96, sementara keamanan berjalan seorang diri di malam hari berada di posisi rendah yaitu 30,56. (tim redaksi)

#kriminalitas
#kotadunia
#tingkatkeamanan
#indekskenyamanan
#kotatidaklayakhuni
#keamananwarga

Tidak ada komentar