Breaking News

Gunung Awu di Sahinge Naik Level Siaga, Warga Diminta Menjauh dari Radius 3,5 Km

Gunung Awu di Sangihe, Sulawesi Utara berstatus level III siaga. Foto: CCTV PVMBG

WELFARE.id-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meningkatkan status Gunung Awu di Sulawesi Utara dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga). Gunung Awu berada di Pulau Sangihe yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Gunung Awu terletak pada posisi koordinat 3.6828460 LU, 125.455980 BT dan ketinggian puncak 1.320 m di atas permukaan laut. Dalam keterangan resmi PVMBG, dikutip Jumat (13/5/2022) dijelaskan bahwa peningkatan status level Gunung Awu ini merupakan dampak dari peningkatan aktivitas kegempaan di gunung berapi ini.

Sementara itu, Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono mengatakan, agar warga tetap tenang namun waspada. "Mengingat karakteristik erupsi Gunung Awu, potensi ancaman bahaya, hasil pemantauan kegempaan, serta antisipasi untuk gejala peningkatan menuju erupsi, maka tingkat aktivitas Gunung Awu dinaikkan dari level II (waspada) menjadi level III (siaga)," kata Eko dalam keterangan tertulis, Jumat (13/5/2022).

Dalam tingkat aktivitas siaga, masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekati dan beraktivitas di dalam radius 3,5 km dari kawah puncak Gunung Awu. "Masyarakat di sekitar Gunung Awu diharap tetap tenang, tidak terpancing isu-isu mengenai aktivitas Gunung Awu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ajaknya.

Selain itu, masyarakat diharapkan mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi berkoordinasi dengan BNPB, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam upaya mitigasi Gunung Awu.

Gunung Awu siaga dan diketahui interval erupsi gunung api ini berkisar antara 1 hingga 101 tahun. Erupsi Gunung Awu terakhir terjadi pada bulan Juni 2004, berupa erupsi magmatik yang menghasilkan kolom erupsi setinggi 3000 meter di atas puncak. Tingkat aktivitas Gunung Awu adalah Level I (Normal) sejak 31 Oktober 2016. Lalu dinaikkan menjadi Level II (Waspada) pada 12 Desember 2021 pukul 12.00 WITA, karena terkait peningkatan jumlah gempa-gempa vulkanik.

Pasca-peningkatan aktivitas dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada) secara visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut. Saat cuaca cerah, umumnya tidak teramati adanya hembusan gas dari arah kawah, namun pada 11 Mei 2022 pukul 15.00 WITA teramatai asap kawah berwarna putih sedang setinggi 30 meter di atas puncak. (tim redaksi)

#gunungawu
#sangihe
#sulawesiutara
#naiklevel
#statussiaga
#gunungvulkanik
#peningkatanpotensigempa
#pvmbg
#kementerianesdm

Tidak ada komentar