Breaking News

Gempa Guncang Dua Provinsi, Kecamatan Ruteng, NTT Dilanda Lindu Dua Kali

Ilustrasi mesin seismograf pencatat gempa. Foto: BMKG

WELFARE.id-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap ada tiga kali gempa yang melanda Tanah Air sepanjang Rabu (11/5/2022). Dua kali gempa itu terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasar data BMKG hingga pukul 19.45 WIB, guncangan gempa pertama dilaporkan terjadi di Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT.  Saat gempa terjadi guncangannya terasa dalam skala III-IV MMI (Modified Mercalli Intensity) di Ruteng dengan kekuatan magnitudo 3,5.

Tak cukup hanya sekali, dalam hitungan detik gempa bumi kedua melanda wilayah yang sama. Kali ini lindu bermagnitudo 3,6 dengan pusat berada di darat. Atau sekitar 3 km barat daya Ruteng.

Lokasi gempa dilaporkan BMKG terletak pada koordinat titik 8,64 Lintang Selatan (LS) dan 120,46 Bujur Timur (BT). Lindu berpusat di darat.  "Pusat gempa berada di darat 3 km barat daya Ruteng," tulis BMKG. 

Sementara, gempa berikutnya terjadi pada pukul 09:18:55 WIB. Kali ini gempa giliran terjadi di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dibuat bergetar dengan magnitudo 3,9.

"Pusat gempa berada di laut 22 km barat daya Pinrang," jelas BMKG di laman resminya.  Ada sejumlah wilayah yang ikut merasakan getarannya saat gempa terjadi. Kabupaten Pinrang dalam skala III-IV MMI,  Kota Pare-Pare II MMI,  begitu pun dengan Majene dan Polman. 

Hingga kini belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa terdampak gempa yang terjadi secara bersamaan di dua provinsi tersebut. (tim redaksi)


#bencanaalam
#gempabumi
#lindu
#bmkg
#kecamatanruteng
#kabupatenmanggarai
#provinsintt
#kabupatenpinrang
#provinsisulsel

Tidak ada komentar