Breaking News

Dilantik Kemarin, Presiden Korsel Terpilih Yoon Seok Yeol Dihadang Dua Masalah Besar

Presiden Korea Selatan terpilih Yoon Seok Yeol. Foto: Instagram @sukyeol.yoon

WELFARE.id-Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Seok Yeol langsung tancap gas bekerja, usai dilantik Selasa (10/5/2022) kemarin. Dirinya langsung mengagendakan dialog dengan Korea Utara (Korut) sebagai bagian dari misi politik dan diplomasi.

Ia mengatakan, program senjata nuklir Korut merupakan ancaman bagi Korsel. Maka itu, dirinya telah menyiapkan rencana ekonomi khusus jika Korut berkomitmen untuk pembicaraan denuklirisasi.

Ia juga mengatakan dalam pidato pelantikan, bahwa program senjata nuklir Korut merupakan ancaman tidak hanya bagi keamanan Korsel, melainkan juga bagi kawasan Asia Timur Laut. "Pintu dialog akan tetap terbuka sehingga kami dapat menyelesaikan ancaman ini secara damai. 

Jika Korut benar-benar ingin memulai proses penyelesaian pencegahan, kami siap bekerja sama dengan masyarakat internasional untuk mempresentasikan rencana khusus yang akan memperkuat ekonomi Korut dan meningkatkan kualitas hidup rakyatnya,” janjinya, melansir Reuters, Rabu (11/5/2022).

Saat ini Korsel tengah menghadapi dua masalah besar. Yaitu, aksi uji coba senjata nuklir terbaru Korut dan ancaman inflasi yang menghambat pemulihan ekonomi dari pandemi COVID-19.

Yoon memenangkan pemilihan Maret lalu, dari partai oposisi konservatif Partai Kekuatan Rakyat (PPP) setelah sebelumnya berkecimpung selama 26 tahun sebagai jaksa penuntut umum. Dirinya berhasil menarik simpati pemilih karena berjanji akan memerangi korupsi dan menciptakan lapangan ekonomi yang lebih adil.

Kampanye tersebut dilakukan di tengah frustrasi masyarakat dengan isu ketimpangan dan harga rumah, serta persaingan gender dalam berbagai aspek sosial ekonomi. 

Sebagai informasi, inflasi Korsel saat ini mencapai level tertinggi dalam lebih dari 13 tahun terakhir pada bulan lalu ketika invasi Rusia ke Ukraina menyebabkan harga komoditas melonjak, meningkatkan ekspektasi kenaikan suku bunga bank yang dapat mengancam prospek pertumbuhan ekonomi.

Yoon juga punya agenda penting untuk bertemu Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam waktu dekat. Sebagai upaya mempererat hubungan diplomatik dengan sekutu dekatnya AS dalam menghadapi ancaman Korut. (tim redaksi)

#presidenkorselterpilih
#pelantikanpresidenkorsel
#yoonseokyeol
#ancamannuklirkorut
#ancamaninflasi
#ekonomikorsel
#hubungandiplomatik
#diplomasi

Tidak ada komentar