Breaking News

Dalam Sepekan, Dana Asing Rp19,14 Triliun Minggat dari RI

Dolar AS. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Bank Indonesia (BI) mencatat modal asing keluar (capital outflow) dari pasar keuangan nasional sebanyak Rp19,14 triliun pada 9-12 Mei 2022. 

"Data transaksi 9-12 Mei 2022, nonresiden di pasar keuangan domestik jual neto Rp19,14 triliun," ungkap Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu (14/5/2022).

Dana asing yang keluar itu terdiri dari penjualan surat berharga negara (SBN) sebesar Rp12,32 triliun dan penjualan saham Rp6,82 triliun. Sementara secara total, dana asing yang keluar dari Tanah Air mencapai Rp144,1 triliun pada 1 Januari sampai 12 Mei 2022. 

Terdiri dari penjualan SBN sebesar Rp78,13 triliun dan saham Rp65,97 triliun. Di sisi lain, BI mencatat tingkat premi risiko Credit Default Swaps (CDS) Indonesia lima tahun naik dari 126,6 basis poin (bps) menjadi 133,41 bps.

"Ini sejalan dengan meningkatnya risk off di pasar keuangan global," jelasnya. Sedangkan tingkat imbal hasil (yield) SBN bertenor 10 tahun naik ke level 7,39 persen. 

Hal ini sejalan dengan yield surat utang AS, US Treasury bertenor 10 tahun yang juga naik ke level 2,84 persen. Untuk nilai tukar rupiah, terpantau berada di Rp14.619 per dolar AS di akhir perdagangan sore ini.

Kepala ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual melihat, hengkangnya asing dari pasar keuangan domestik tak lepas dari perkembangan pasar global, dampak perang yang terjadi di Rusia dan Ukraina.

"Kelihatannya memang ini tidak lepas dari perkembangan ketidakpastian. Investor asing wait and see dan beralih ke aset yang dirasa lebih aman (safe haven asset),” ujar David beberapa bulan lalu, menyikapi fenomena keluarnya dana asing dari RI.

Namun, ia melihat, kondisi ini hanya bersifat sementara. Toh, pada akhirnya ada saja modal asing lain yang kembali masuk ke investasi portofolio Indonesia, terutama ke sektor-sektor yang menurut para investor potensial. Sehingga menurutnya, tidak akan berpengaruh banyak terhadap kondisi perekonomian nasional. (tim redaksi)

#modalasing
#capitaloutflow
#bankindonesia
#bi
#danaasing
#ekonomi
#investor
#pasardomestik

Tidak ada komentar