Breaking News

Coba Tips Ini Sebelum Belanja Barang Mewah!

Barang-barang mewah. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Transaksi jual beli barang mewah (branded) via e-commerce atau media sosial kian menjadi tren sejak masa pandemi COVID-19. Konsumen makin berani membeli barang seharga jutaan, puluhan juta, bahkan miliaran hanya lewat online.

Mencengangkan! Memang, disatu sisi berkat kemajuan teknologi orang dengan mudah memesan barang branded melalui jasa titip. 

Maklum, sejumlah item barang mewah tidak dipasarkan di Indonesia. Sedangkan bagi kolektor, sejauh apapun barang incaran harus dikejar.

Tak ayal, penipuan online barang mewah pun mewabah. Ada yang tertipu beli jam mewah seharga miliaran. Uang dikirim, barang tak kunjung datang.

Pun demikian, dengan korban penipuan yang diduga dilakukan selebgram Medina Zein. Tak sedikit korbannya tertipu hingga miliaran saat hendak membeli tas mewah dari MZ.

Baru-baru ini, crazy rich Surabaya, mengaku dirugikan MZ senilai Rp1,3 miliar. Hal itu disampaikan di dalam kanal YouTube Uya Kuya belum lama ini. 

Artis Meisya Siregar juga pernah jadi korban penipuan tas branded seharga puluhan juta rupiah. Dia sudah mengirim sejumlah uang ke seller via Instagram yang terjadi bodong.

Barang pun tak kunjung datang. Meisya telah melaporkan akun dan nomor rekening penipu itu ke bank dan kepolisian. 

Saat beli barang mewah, dia menyarankan agar mengecek dua sampai tiga kali demi memastikan penjualnya benar-benar terpercaya. Adab beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penipuan tas branded dari Instagram:

1. Cari tahu lewat username

Beberapa akun Instagram mengubah-ubah nama akun agar tidak ketahuan pernah melakukan penipuan. Kamu bisa mengeceknya dengan fitur 'About This Account'. 

Kamu bisa mencarinya di titik tiga bagian kanan sebuah postingan. "Dari situ kelihatan dia sudah berapa kali ganti nama akun. Kalau namanya berubah-ubah itu patut dicurigai karena mungkin dia mau ganti nama tokonya biar nggak ketahuan sebelumnya pernah nipu," ujar Meisya.

2. Cek nomor rekening

Pastikan bahwa penjual atau nomor rekening yang digunakan tidak pernah menipu sebelumnya. Itu bisa dilihat di situs-situs seperti Cekrekening, Kredibel, Laporku, Kominfo, dan lain-lain.

"Selain itu kalau terjadi penipuan langsung bawa dokumen-dokumen lengkap untuk laporan ke kepolisian, seperti buku tabungan, ATM, dan kronologis. Nanti mereka akan memproses pemblokiran dan pembekuan rekening. Kalau masih rezeki, kalau di rekening itu masih ada dananya dan belum dikuras oleh si penipu, uangnya bisa dikembalikan," tuntasnya.

3. Membeli pada jasa titip terpercaya

Biasanya kita bisa mengecek dari testimoni pembeli atau juga bertanya kepada teman yang suka belanja barang mewah via online. Biasanya mereka punya jasa titip terpercaya langganan.

4. Beli langsung di toko atau website resmi

Ada baiknya sebelum membeli mengecek langsung di toko fisik resmi atau website resmi produk branded incaran kita. Bisa yang di Indonesia atau di luar negeri. Biasanya, mereka melayani jasa pengiriman untuk konsumen luar negeri. (tim redaksi)

#penipuan
#barangmewah
#barangbranded
#tasmewah
#tipsmenghindaripenipuan
#jasatitip
#cekakunmedsospenjual

Tidak ada komentar