Breaking News

Cadangan Emas dan Tembaga Senilai 2 Miliar Ton Ditemukan dekat Sirkuit Mandalika

Ilustrasi penemuan tambang emas. Foto: net


WELFARE.id-Kabar gembira kembali berhembus dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Usai penyelenggaraan MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika, kini Provinsi NTB menjadi sorotan usai ditemukannya ’harta karun’ senilai 2 miliar ton emas.

Untuk diketahui, Provinsi NTB merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan satu kekayaan alamnya. Tak heran jika di wilayah ini banyak ditemukan harga karun berupan potensi sumber daya alam terutama mineral dan tambang.

Bahkan baru-baru ini telah ditemukan kembali harta karun berupa emas dan tembaga di dalam bumi Provinsi NTB. Tepatnya di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu. Penemuan harta karun berupa potensi sumber daya mineral sebagaimana yang telah diumumkan oleh PT Sumbawa Timur Mining (STM), Kamis (21/4/2022) lalu.

Penemuan sumber daya alam (SDA) ini diperkirakan memiliki total potensi sumber daya mineral tertunjuk sebesar 1,1 miliar ton tembaga dan emas. Sedangkan untuk total potensi sumber daya mineral terekam sebesar 1 miliar ton tembaga dan emas.

Bila ditotal, proyeksi sumber daya mineral ini memiliki potensi lebih dari 2 miliar ton. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibanding penemuan pada Desember 2019 lalu.

Sebelumnya pada Desember 2019, PT Sumbawa Timur Mining (STM) sempat mengumumkan bahwa total potensi sumber daya tembaga-emas Onto diperkirakan mencapai 1,72 miliar ton.

Dengan demikian, perkiraan potensi sumber daya mineral Onto per Desember 2021 meningkatkan sebesar 0,4 miliar ton atau sekitar 20 persen dibandingkan dengan per Desember 2019.

”Perkiraan potensi sumber daya mineral terbaru ini memperkuat keyakinan kami bahwa sumber daya mineral Onto memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sebuah operasi pertambangan tembaga kelas dunia,” ujar Presiden Direktur PT Sumbawa Timur Mining (STM) Bede Evans dalam siaran persnya, Kamis (21/4/2022). (tim redaksi)


#sumberdayaalam
#nusatenggarabarat
#provinsintb
#penemuancadanganemas
#penemuancadangantembaga
#ptsumbawatimurmining
#perusahaantambang

Tidak ada komentar