Breaking News

Bukan Elon Musk, Ini Deretan Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa

Genghis Khan. Foto : net

WELFARE.id-Saat ini, Elon Musk dan Jeff Bezos merupakan dua pengusaha terkaya di dunia versi majalah Forbes. Namun rupanya, dua nama tersebut belum termasuk 20 orang terkaya di dunia sepanjang masa. 

Mereka adalah para industrialis Amerika abad ke-19 hingga raja Afrika yang pernah memiliki separuh emas di dunia. Nah, berikut daftar orang-orang yang paling menghasilkan uang sepanjang masa. 

20. Heshen – Kekayaan Bersih USD132 Miliar 

Heshen merupakan seorang pejabat pemerintahan terkaya dalam sejarah, lahir pada tahun 1750, Heshen adalah seorang administrator pada Dinasti Qing dan menjadi orang kepercayaan kaisar, yang memberi dia banyak peluang untuk kabur dan mencuri banyak pendapatan pajak dalam skala yang masif, ketika dia meninggal pada tahun 1799, pejabat yang korup ini ditemukan telah menimbun kekayaan pribadi sebesar USD132 miliar pada nilai saat ini. 

19. Bill Gates – Kekayaan Bersih USD144 Miliar 

Bill Gates saat ini memiliki kekayaan USD75 miliar.  Kekayaan pribadi pendiri Microsoft ini pernah mencapai USD101 miliar pada tahun 1999 walau dalam waktu yang singkat, apabila disesuaikan dengan tingkat inflasi saat ini puncak kekayaan bersih Bill Gates pernah mencapai USD144 miliar. 

18. William de Warenne, 1st Earl of Surrey – Kekayaan Bersih USD146 Miliar 

Bangsawan Norman pada abad ke-11 ini adalah seorang mogul real estat nomor satu di Inggris pada masanya, menurut survei Domesday, pada tahun 1086, de Warene memiliki tanah di 13 wilayah Inggris, termasuk lokasi bergengsi seperti Rape of Sussex serta rumah-rumah mewah dan istana di Norfolk, Suffolk, Yorkshire dan Essex yang memiliki nilai yang setara dengan USD146 miliar pada saat ini. 

17. John Jacob Astor – Kekayaan Bersih USD168 Miliar 

Seorang Multimiliuner pertama di Amerika, pedagang kelahiran Jerman ini adalah salah satu anggota pertama di keluarga Astor, dia membangun kekayaannya dengan terjun di perdagangan bulu dan membuat monopoli yang kuat pada awal abad ke-19, mengendalikan perdagangan di Amerika dan Kanada, pada saat kematiannya di tahun 1848, Astor bernilai USD20 juta atau sekitar 1/107 dari PDB Amerika yang setara dengan USD168 miliar nilai uang pada saat ini. 

16. Alan Rufus, 1st Lord of Richmond – Kekayan Bersih USD195 Miliar 

Bangsawan pada abad pertengahan ini mampu mengumpulkan kekayaan yang sangat besar selama masa hidupnya berkat perlindungan dari William Sang Penakluk (yang kemudian menjadi Raja William I dari Inggris), pamannya yang kaya raya dan dari para teman dekatnya, menurut sejarawan William Rubenstein, Rufus memiliki kekayaan sebesar £11,000 (USD15,000) pada waktu dia meninggal ditahun 1093, sekitar 7 USD dari PDB inggris pada saat itu dan setara dengan USD195 miliar pada saat ini. 

15. Henry Ford – Kekayaan Bersih USD200 Miliar 

Henry Ford merupakan pendiri perusahaan otomotif Ford Motor Company yang merevolusi pembuatan kendaraan dan membawa kendaraan terutama mobil secara massal, menjual kendaraan sebanyak lebih dari satu juta unit pada tahun 1920. Tidak mengherankan setelah kematiannya pada tahun 1947 Ford bernilai setara dengan USD200 miliar pada nilai uang saat ini. 

14. Cornelius Vanderbilt – Kekayaan Bersih USD202 Miliar 

Dilahirkan pada tahun 1794 dari sebuah keluarga miskin di Staten Island, Vanderbilt berubah menjadi orang yang super kaya di masa hidupnya. Ia membangun kekayaan besar melalui industri kereta api dan perkapalan dan meyerahkan sebagian besar kekayaannya di kemudian hari, pada punacknya, Vanderbilt diperkirakan bernilai USD202 miliar dengan nilai uang saat ini. 

13. Muammar Gaddafi – Kekayaan Bersih USD212 Miliar 

Pada tahun 2011, para pejabat Libya memperkirakan bahwa Muammar Gaddafi, pemimpin yang digulingkan ini memiliki kekayaan USD200 miliar yang disembunyikan dalam rekening rahasia, berbagai investasi dan kesepakatan real estat yang mencurigakan banyak terdapat di masa kediktatorannya, sebagian besar uang itu didapat dari pendapatan minyak negara itu yang berjumlah sangat besar, diseseuaikan dengan tingkat inflasi saat ini, nilai kekayaan Muammar Gaddafi setara dengan USD212 miliar. 

12. William the Conqueror - Kekayaan Bersih USD228 Miliar 

Penguasa Norman pertama di Inggris ini terkenal dengan invasinya di Inggris pada tahun 1066, William merebut tanah serta menjarah harta dari Sussex hingga Yorkshire yang diperkirakan bernilai USD228 miliar pada nilai saat ini, dia membelanjakan kekayaannya pada banyak hal seperti permadani mewah hingga kastil, termasuk juga menara putih yang ikonik di menara London. 

11. Jakob Fugger – Kekayaan Bersih USD227 Miliar 

Tepatnya dijuluki sebagai “jakob the Rich”, bankir ini, pedagang dan seorang perintis pertambangan adalah orang terkaya di Eropa pada awal abad ke-16, kekayaannya yang luar biasa memungkinkan dirinya untuk mempengaruhi jalannya politik pada saat itu, mendanai kebangkitan Kaisar Suci Romawi Maximilian I dan juga membiayai seorang Raja Spanyol, Charles V. 

10. Osman Ali Khan, Asaf Jah VII – Kekayaan Bersih USD230 Miliar 

Penguasa terakhir Hyderabad, India, Khan adalah penguasa absolut dari tahun 1911 dan 1948 dan bagi sebagian besar orang di abad 20 mengenal dia sebagai orang terkaya didunia dengan perkiraan kekayaan sebesar USD2 miliar di awal 40-an, ini setara dengan 2 persen dari ekonomi AS atau sekitar USD230 miliar pada saat ini. 

9. Tsar Nicholas II dari Russia – Kekayaan Bersih USD300 Miliar 

Niicholas Romanov yang akhirnya bernasib buruk ini memerintah kekaisaran Rusia dari tahun 1894 hingga 1917, selama waktu itu dia memiliki akses penuh pada kas negara, menjadikannya sebagai salah satu raja terkaya dalam sejarah, kekayaan pribadi pada tahun 1916 setara dengan USD300 miliar pada saat ini. 

8. Andrew Carnegie – Kekayaan Bersih USD337 Miliar 

Awal hidupnya dihabiskan  dengan sederhana di Skotlandia, Andrew Carnegie memimpin ekspansi besar-besaran industri baja Amerika di akhir abad ke-19, mengumpulkan kekayaan pribadi yang para ekonom memperkirakan stara dengan USD337 miliar pada saat ini, seorang yang dermawan, Carnegie menyerahkan 90 persen kekayaannya ke berbagai badan amal dan banyak lembaga pendidikan di tahun-tahun akhir hidupnya. 

7. John D. Rockefeller – Puncak Kekayaan Bersih USD367 Miliar 

Dikenal luas sebagai orang Amerika terkaya yang pernah hidup, John D. Rockefeller mendirikan perusahaan yang bernama Standard Oil pada tahun 1870 dan akhirnya mengendalikan sekitar 90 persen bisnis minyak Amerika. Ekonom Peter Bernstein memperkirakan bahwa seorang industrialis yang berubah menjadi seorang dermawan besar ini memiliki kekayaan pribadi sebesar USD367 miliar pada nilai saat ini. 

6. Mansa Musa I dari Mali – Kekayaan Bersih USD415 Miliar 

Musa I dengan mudah menjadi salah satu orang terkaya dalam sejarah, mengumpulkan kekayaan yang setara dengan USD415 miliar selama 25 tahun masa pemerintahannya dari 1312 hingga 1327, sebagai seorang Raja dari Timbuktu dan Kaisar Mali, yang mengendalikan kerajaan besar yang meliputi sebagian besar Mali dan Ghana saat ini, memiliki lebih dari setengah pasokan emas dunia. 

5. Raja Solomon dari Israel – Kekayaan Bersih USD2,2 Triliun 

Menurut Alkitab, Raja Solomon memerintah pada tahun 970SM hingga 931SM dan selama masa itu dia telah menerima sebanyak 25 ton emas yang dapat bernilai miliaran dollar pada saat ini, seiring dengan kekayaan besar yang di dapatnya dari perpajakan dan perdagangan, kekayaan pribadi seorang penguasa dalam Alkitab ini dapat melebihi USD2 triliun pada nilai uang saat ini. 

4. Augustus Caesar – Kekayaan Bersih USD4,63 Triliun 

Kaisar Romawi pertama, yang memerintah kekaisaran besar ini dari tahun 27SM hingga kematiannya pada tahun 14M, memiliki kekayaan pribadi setara dengan 20 USD dari seluruh ekonomi kekaisaran Romawi dan memiliki nilai USD4,63 trilun pada hari ini, pada satu titik, Augustus pernah memiliki Mesir walau tidak berlangsung lama, kinerja yang buruk dan banyak kegagalan dalam militer mengganggu tahun-tahun terakhir masa hidupnya. 

3. Akbar I – Kekayaan Bersih USD21 Triliun 

Terkenal dengan gaya hidup mewahnya dan gemar mengkoleksi benda seni, kaisar ini menaklukkan wilayah dengan total luas ratusan ribu mil persegi dan juga memerintah sebagian besar anak benua India, dikenal sebagai kekaisaran Mughal dari 1556 hingga 1605, ia menguasai sekitar 25 persen dari total PDB dunia pada saat itu atau senilai USD21 triliun pada saat ini. 

2. Kaisar Shenzong dari Song –  Kekayaan Bersih USD30+ Triliun 

Kaisar Shenzong memerintah Tiongkok pada era 1067-1085 selama zaman “Kemakmuran yang damai” dan “Kelimpahan”, pada saat itu dia mengendalikan sekitar 30% dari PDB global, setara dengan USD30+ triliun pada hari ini, sangat mahir dalam mengumpulkan pajak, memiliki sebuah kebijakan untuk membantu meningkatkan kehidupan orang miskin, merupakan sebuah cikal bakal pada program kesejahteraan negara di era modern. 

1. Genghis Khan – Puncak Kekayaan Bersih USD100s Triliun 

Pemimpin Mongol yang terkenal bengis ini, menaklukkan wilayah seluas 12 juta mil persegi di antara tahun 1206 hingga kematiannya pada tahun 1227. Melebihi dari siapapun yang ada dalam sejarah, kekuasaannya meliputi bagian besar dari Eurasia (gabungan daratan benua Eropa dan Asia), wilayan yang bernilai triliunan dollar pada saat ini. Khan tidak benar-benar menimbun semua rampasannya melainkan dia memilih untuk mendistribusikan kembali harta jarahan dan wilayah yang di taklukkannya kepada rakyatnya. (tim redaksi) 

#orangterkaya
#orangterkayasepanjangmasa
#triliuner
#ekonomi
#20orangterkaya

Tidak ada komentar