Breaking News

Bono Gelar Konser di Kiev

Bono saat menghibur masyarakat Ukraina. Foto : instagram @antytila_official

WELFARE.id-Pentolan grup U2, Bono, mengadakan konser di stasiun metro atau stasiun kereta bawah tanah Kiev pada hari Minggu (8/5/2022). Di sana, pria asal Irlandia itu memuji perjuangan Ukraina untuk "kebebasan" dan menyerukan perdamaian segera datang. 

Dari peron stasiun kereta bawah tanah di ibu kota Ukraina, musisi legendaris berusia 61 tahun itu dan gitaris The Edge, menampilkan beberapa lagu klasik grup, seperti Sunday Bloody Sunday, Desire atau With or Without You. ''Rakyat Ukraina tidak hanya berjuang untuk kebebasan mereka sendiri, mereka berjuang untuk kita semua yang mencintai kebebasan,'' ujar pelantun With or Without You itu. 

Bono juga mengacu pada konflik yang melanda negaranya, Irlandia, dan masalah yang dipicu dengan tetangganya yang kuat, Inggris. ''Kami berdoa agar mereka segera menikmati kedamaian ini,'' tambahnya. 

Hanya sebulan setelah merilis lagunya Walk on Ukraina, yang didedikasikan untuk korban Ukraina dari invasi Rusia, Bono mengunjungi beberapa daerah yang paling terkena dampak invasi. Bono menyebut kunjungan ini atas permintaan Presiden Volodymir Zelensky, yang akan ditemuinya nanti. 

Di Borodyanka, setelah membaca puisi di sebelah patung penyair Ukraina Taras Shevchenko, Bono menyatakan keyakinannya bahwa kaum muda Rusia akan mengubah negaranya dan mengusir Presiden Vladimir Putin. 

Penampilan tak terduga dari Bono, yang sepanjang kariernya telah terlibat dalam banyak hal termasuk memerangi kemiskinan dan AIDS, terjadi saat sirene antipesawat meraung di Kyiv dan pertempuran berkecamuk di timur negara itu. 

Dalam konser tersebut, Bono mengundang seorang tentara Ukraina untuk menyanyikan lagu Stand by Me. Di antara sedikit penonton di pertunjukan itu adalah anggota angkatan bersenjata Ukraina. ''Itu emosi yang bagus, itu saja,'' kata salah satu dari mereka. 

Dalam kesempatan tersebut, pemilik nama asli Paul David Hewson itu memberikan pesan ke pemuda Rusia. Ia percaya mereka akan menggulingkan Presiden Rusia, Vladimir Putin. 

Bono menegaskan konflik ini hanya peperangan satu orang, merujuk pada Putin. ''Pemuda Rusia akan tahu apa yang sebenarnya terjadi saat ini,'' katanya. 

''Saya percaya para pemuda Rusia akan menggulingkan orang ini (Putin) keluar dari kantornya,'' lanjutnya. 

Ia mengungkapkan sulit untuk membayangkan apa yang dialami rakyat Ukraina. ''Saya tak yakin kata-kata bisa memperlihatkan apa yang sudah mereka lalui,'' tuturnya. (tim redaksi) 

#bono
#u2
#bonou2
#ukraina
#konserdiukraina
#Borodyanka

Tidak ada komentar