Breaking News

Berjasa Evakuasi WNI saat Pecah Perang, Dubes RI untuk Ukraina Tutup Usia

Dubes RI untuk Ukraina H.E. Ghafur Akbar Dharmaputra meninggal dunia Kamis (12/5/2022) malam. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Dubes RI untuk Ukraina H.E. Ghafur Akbar Dharmaputra meninggal dunia, Kamis (12/5/2022) malam, karena  sakit. Kabar wafatnya Ghafur dibagikan oleh Dubes RI Kazakhstan dan Tajikistan, Fadjroel Rahman melalui akun Instagram pribadinya.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, telah berpulang ke rahmatullah Bapak Dubes RI untuk Ukraina merangkap Armenia dan Georgia H.E. Ghafur Akbar Dharmaputra pada pukul 21.50 WIB di Jakarta," kata Fadjroel.

Hal itu dibenarkan Jubir Kemlu RI Teuku Faizasyah saat dihubungi wartawan, Jumat (13/5/2022). Ia menjelaskan, jenazah akan dimakamkan selepas salat Jumat nanti. 

Saat ini, jenazah almarhum Ghafur telah berada di rumah duka, kawasan Jakarta Selatan. "Rencananya dimakamkan setelah salat Jumat. Saya masih belum bisa memastikan dimakamkan dimana," ujarnya. 

Teuku juga menyampaikan almarhum Ghafur sebelumnya memang memiliki gangguan kesehatan. Sehingga beliau diharuskan kembali ke Indonesia untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

"Karena sakit, beliau setelah evakuasi dan lain-lain ke negara tetangga tapi juga kemudian ada gangguan kesehatan. Kondisi sulit dipastikan sehingga diputuskan untuk pulang ke tanah air untuk mendapatkan pengobatan," paparnya.

Diketahui sebelumnya, Ghafur Akbar Dharmaputra lahir di Bandung, 16 Februari 1964. Semasa hidupnya Ghafur pernah menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) hingga menjadi Konsultan Jenderal RI di New York, Amerika Serikat (AS).

Ghafur mengisi posisi Dubes per dilantik Presiden Joko Widodo pada 12 November 2021 lalu. Sebagai informasi, dalam konflik Ukraina-Rusia, Ghafur memiliki jasa penting untuk warga negara Indonesia (WNI). 

Ghafur, berhasil mengevakuasi WNI yang terjebak di Ukraina akibat perang dengan Rusia. Evakuasi tersebut secara langsung dia pimpin.

Para WNI berusaha dievakuasi dari ibu kota Kiev, Ukraina, menuju perbatasan Moldova, Senin 28 Februari 2022. Seluruh WNI yang dievakuasi tiba di Rumania dengan selamat pada, Selasa 1 Maret 2022.

"Dipimpin oleh Dubes RI Ghafur. Mereka sudah berhasil dievakuasi ke Moldova dan sekarang di Rumania," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, kala itu. (tim redaksi)

#dubesindonesiauntukukraina
#ghafurakbardharmaputra
#meninggaldunia
#kabardukacita
#sakit

Tidak ada komentar