Breaking News

Bentar Lagi Diresmikan Jokowi, Situ Bagendit Masih Perlu Pembenahan

Wisatawan mengunjungi Situ Bagendit, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Wisata baru di Provinsi Jawa Barat bakal di-launching dalam waktu dekat ini. Tempat wisata itu bernama Situ  Bagendit di Kabupaten Garut. Saat ini, situ itu telah selesai direvitalisasi dan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Meski belum diresmikan, tapi objek wisata itu sudah bisa didatangi oleh pengunjung, termasuk saat libur Lebaran lalu. Situ itu sangat ramai dikunjungi warga.

Sebelum peresmian, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman melakukan peninjauan ke Situ Bagendit. Hasilnya, ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki di lokasi wisata tersebut sebelum diresmikan nanti.

Menurut Helmi, memang ada banyak wisatawan masuk jalur tikus atau tidak beli tiket untuk ke tempat wisata Situ Bagendit sehingga perlu dibenahi agar lebih tertib. "Wisatawan yang tidak pakai karcis itu banyak, di sini kan kita belum selesai (penataan situnya, Red) sehingga banyak jalur-jalur tikus  yang membuat wisatawan masuk ke sini," ujarnya Kamis (19/5/2022).

Helmi juga mengatakan mereka yang masuk melalui jalur resmi, yakni dua gerbang yang dikelola pemerintah daerah (pemda) serta lima gerbang yang dikelola BUMDes dan masyarakat setempat berjumlah sekitar 70 persen. 

"Kemudian juga tidak sedikit wisatawan juga yang lewat jalur jalan yang memang belum ditutup ya, jadi jalan-jalan tikus atau apa itu banyak yang masuk ke situ," ujarnya juga.

Maka, persoalan jalan tikus itu akan segera dibenahi agar pengaturan wisatawan lebih tertib. Selain itu, Pemkab Garut sedang melakukan pembenahan dan pembersihan sampah di kawasan wisata itu setelah saat libur Lebaran kemarin dikunjungi ribuan pengunjung.

"Bukan hanya itu (sampah) termasuk bagaimana penempatan pedagang, penempatan tempat permainan, penempatan termasuk eceng gondok atau teratai," kata Helmi.

Untuk diketahui, Situ Bagendit secara umum telah selesai direvitalisasi. Berbagai atraksi wisata dan fasilitas penunjang juga telah dibangun di sana untuk membuat wisatawan puas. Salah satunya ada wahana permainan air dan area bermain anak. (tim redaksi)


#wisata
#wisatawan
#destinasiwisatabaru
#situbagendit 
#kabupatengarut
#provinsijawabarat
#wagubgarut
#presidenjokowi

Tidak ada komentar