Breaking News

Arkeolog Temukan Situs Kota Berusia 3.400 Tahun di Sungai Tigris, Irak

Sejumlah arkeolog telah menemukan sebuah kota kuno yang berasal dari Kekaisaran Mittani sekitar 3.400 tahun yang lalu di Sungai Tigris, Provinsi Duhok, Irak. Foto: AFP

WELFARE.id-Pengungkapan sejarah masa lampau terus dilakukan para arkeolog. Seperti temuan terbaru oleh sejumlah arkeolog dari sejumlah negara yang  menemukan sebuah kota kuno di Irak bagian utara.

Kota itu diduga berasal dari Kekaisaran Mittani sekitar 3.400 tahun yang lalu yang berlokasi di Sungai Tigris di Provinsi Duhok, Irak.

"Kami menemukan kota kuno berusia 3.400 tahun di Distrik Semel Duhok yang berasal dari periode Mittani," ujar Bekes Birifkani, Direktur Artefak Sejarah dan Budaya di Provinsi Duhok, kepada wartawan, Senin (30/5/2022).

Dia mengatakan kawasan itu dulunya berpenghuni hingga tahun 1985, sebelum Bendungan Mosul dibangun pada 1990 dan membiarkan kawasan itu terendam air. 

Dengan lebih dari 2.000 situs bersejarah telah ditemukan di kota itu, Birifkani mengatakan penggalian tahun ini juga memberikan hasil penting. "Meskipun ribuan tahun telah berlalu, tembok dan strukturnya yang tingginya beberapa meter belum hancur," katanya.

Sedangkan Hassan Ahmed, kepala Badan Perlindungan Warisan Budaya Pemerintah Daerah Kurdistan Irak (KRG), mengatakan telah mengintensifkan pekerjaan sejak awal tahun karena surutnya air dari Sungai Tigris.

"Kami melakukan penggalian di sini dengan bantuan tenaga ahli dari Universitas Tubingen dan Freiburg Jerman. Ada banyak sisa bangunan di kota kuno ini dari periode Kekaisaran Mittani. Kota kuno yang kami temukan bernama Zahiko," ucapnya

Meskipun dibangun pada ribuan tahun, ujar Zahiko juga, tapi tembok dan bangunan setinggi beberapa meter yang ditemukan itu belum hancur juga hancur tapi hanya tenggelam air Sungai Tigris. (tim redaksi)


#irak
#penemuanbaru
#kotakuno
#irakutara
#sungaitigris
#provinsiduhok
#periodemittani

Tidak ada komentar