Breaking News

Apes! Dubes Rusia Disiram Cairan Merah Oleh Pendemo di Polandia

Dubes Rusia untuk Polandia Sergey Andreev saat terkana cat merah yang dilemparkan pendemo penentang perang di Warsawa, Polandia, Senin (9/5/2022). Foto: Maciek Luczniewsk/AP Photo 

WELFARE.id-Kejadian tidak mengenakan dialami Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Polandia Sergey Andreev. Dia disiram dengan cairan berwarna merah oleh orang-orang yang memprotes perang di Ukraina pada Senin (9/5/2022). 

Penyiraman ini terjadi ketika dia meletakkan bunga di Pemakaman Militer Soviet di Warsawa untuk menandai peringatan ke-77 tahun atas kemenangan tentara Rusia perang dengan Nazi Jerman.

Rekaman video yang diposting di Twitter menunjukkan para pengunjuk rasa, beberapa pendemo memegang bendera Ukraina mengelilingi delegasi Rusia dan meneriakkan "fasis" sebelum duta besar disiram dengan cairan merah. 

Andreev mengatakan bahwa dia dan timnya tidak terluka parah dalam insiden itu. ”Kami akan melakukan protes resmi. Ketika mereka merekomendasikan agar kami tidak mengadakan acara yang lebih besar, kami bertemu mereka di tengah jalan, kami tidak memperburuk situasi," cetusnya. 

Sementara itu, seorang pengunjuk rasa yang diwawancarai oleh TVN24 mengatakan, bahwa duta besar itu bagus ditutupi dengan warna merah. "Dengan sepenuh hati, kami bersama Mariupol," katanya mengacu pada kota tenggara Ukraina yang hancur akibat serang militer Rusia.

Sebelumnya, laporan stasiun televisi TVN24 juga memberitakan telah ditemukan kata-kata "Bunuh Putin" yang ditulis dengan warna biru dan kuning sesuai warna bendera Ukraina, di sebuah monumen di pemakaman. Tulisan itu kemudian dihapus aparat berwenang Polandia. 

Untuk diketahui, lebih dari 3 juta waga Ukraina telah melarikan diri ke Polandia sejak invasi militer Rusia dilakukan di negara itu pada 24 Februari 2022 lalu.

Polandia yang menjadi rumah dari serikat pekerja solidaritas yang memainkan peran kunci dalam menjatuhkan komunisme di Eropa tengah dan timur ini telah lama memiliki hubungan yang tegang dengan Rusia.

Kini, Polandia yang merupakan salah satu negara Eropa yang merupakan pendukung sanksi keras atas invasi ke Ukraina yang dilakukan oleh militer Rusia atas perintah Presiden Vladimir Putin. (tim redaksi)


#perang
#invasimiliter
#rusia
#ukraina
#polandia
#dutabesarrusia
#sergeyandreev

Tidak ada komentar