Breaking News

3 Destinasi Wisata Ini Wajib Dikunjungi di Malut

Wisatawan melakukan aktivitas snorkeling di Pantai Jikomalamo, Maluku Utara. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) digelar Minggu (15/5/2022) besok hingga 22 Mei 2022. Penyelenggaraan kongres pemuda berskala nasional di Maluku Utara, tentu diharapkan bisa ikut menghidupkan wisata di sana.

Ada banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi selama berkunjung ke Malut. Tim redaksi WELFARE.ID merekomendasikan beberapa tempat wisata berikut ini:

1. Wisata Hutan Mangrove Sofifi

Objek wisata hutan mangrove Sofifi, Maluku Utara (Malut) menjadi salah satu tujuan pertama yang wajib dikunjungi. Pada libur Lebaran lalu, banyak wisatawan lokal yang menghabiskan masa liburan untuk menjelajah tempat wisata ini.

"Pada liburan Idul Fitri, setiap hari ratusan pengunjung bersama keluarga menikmati objek wisata hutan mangrove," kata Kepala Pos Hutan Mangrove Dinas Kehutanan Malut, Badar Maujud. Biasanya, pada waktu normal pengunjung yang datang sebanyak 90 hingga 100 orang per hari, tetapi pada Lebaran kemarin, pengunjung setiap hari mencapai 300 hingga 400 orang. 

Warga yang datang ke objek wisata mangrove biasanya menikmati suasana alam dan berfoto bersama keluarga. Pengunjung dikenai tarif masuk Rp 5.000 per orang dan bisa sepuasnya menikmati alam hutan mangrove yang asri. 

Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba sebelumnya menyatakan, kawasan ekowisata hutan Mangrove Guraping merupakan salah satu potensi sumber daya alam yang perlu menjadi perhatian untuk dapat dikelola dan digunakan secara arif dan bijaksana. 

Ia berharap, dukungan semua pihak baik OPD lingkup Provinsi Maluku Utara, dunia usaha baik BUMN, BUMS, BUMD maupun masyarakat Kelurahan Guraping untuk bersama-sama menjaga, memelihara dan mengelola kawasan Wisata Hutan Mangrove Guraping itu secara lestari.

Sehingga dapat terus dirasakan manfaatnya bagi generasi yang akan datang. Hutan Mangrove Guraping dengan keragaman hayati di dalamnya merupakan kekayaan alam yang patut disyukuri bersama.

Abdul juga berharap keberadaan hutan mangrove ini bukan hanya sebagai destinasi wisata saja. Tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana edukasi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2. Pantai Sulamadaha dan Jikomalamo

Destinasi berikutnya adalah Pantai Sulamadaha dan Jikomalamo. Pengelola Pantai Jikomalamo, Masri, mengakui, objek wisata Pantai Jikomalamo pada libur panjang Lebaran kemarin dipadati pengunjung.

Selain memiliki objek wisata pantai yang indah, setiap warga yang ingin ke pantai itu hanya mengeluarkan biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp5 ribu per unit dan kendaraan roda empat sebesar Rp10 ribu per unit.

Air laut yang biru menjadi daya tarik wisatawan. Bagi kamu penyuka olahraga snorkeling wajib datang ke sini. Airnya yang jernih dan kekayaan habitat lautnya patut jadi pertimbangan ke kawasan ini. 

3. Pulau Dodola

Pulau Dodola menampilkan pemandangan alam yang tak kalah jauh dengan pulau wisata lainnya. Dodola terbagi atas dua pulau yaitu Dodola besar dan Dodola kecil.

Saat air laut surut, dua pulau akan terhubung dengan daratan berpasir, menyuguhkan sebuah pemandangan yang cantik luar biasa. Menuju pulau Dodola sangatlah mudah, sebab ada kapal KMP kolorai mengantar jemput ketika hendak ke Pulau Dodola.

Pulau ini juga dinobatkan pemerintah pusat sebagai salah satu destinasi wisata 10 Bali baru. Nah, itu tadi rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, selamat berlibur! (tim redaksi)

#objekwisata
#tempatwisata
#destinasiwisata
#malukuutara
#wisatahutanmangrove
#ekowisata
#pantaijikomalamo
#pulaudodola

Tidak ada komentar