Breaking News

110 Karya Ramaikan Pameran Seni Erlangga Art Awards 2022

Pameran Erlangga Art Awards berlangsung di Museum Nasional hingga 12 Juni mendatang. Foto : welfare.id/ Dewi Maryani

WELFARE.id-Gelaran pameran seni Erlangga Art Awards 2022 resmi dibuka. Berlangsung di Museum Nasional, Jakarta, pameran yang baru pertama kali itu mengusung tema ‘Indonesia Negara Pemenang’ resmi dibuka. 

Diresmikan secara online oleh Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, pameran ini berlangsung hingga 12 Juni 2022. 

Sejumlah karya lukisan, fotografi, film pendek, seni instalasi dari pekerja seni muda dan pelajar Indonesia akan dipamerkan dalam Erlangga Art Awards 2022. Selain kegiatan pameran seni, akan ada kegiatan workshop, hiburan, serta malam puncak anugerah pemenang kompetisi Erlangga Art Awards 2022 yang telah dilaksanakan pada Maret – April 2022. 

Assistant Managing Director untuk Young Readers, Reference and Digital Products Penerbit Erlangga, Fikri Somyadewi mengatakan, kegiatan Erlangga Art Awards merupakan bagian dari rangkaian perayaan hari jadi ke-70 Penerbit Erlangga. Kegiatan ini bertujuan mengasah talenta pelajar, mahasiswa, serta masyarakat umum. 

''Kami ingin memberikan ruang berekspresi, serta meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni di kalangan pelajar dan masyarakat,'' ujarnya dikutip Kamis (18/5/2022). 

Ditambahkan Fikri total karya yang dipamerkan pada pameran Erlangga Art Awards ada 110 karya yang terdiri atas 24 karya lukis, 16 karya fotografi, 24 karya film pendek, 30 karya seni instalasi, dan 16 karya puisi. 
''Semua karya yang dipamerkan adalah hasil karya pelajar dan masyarakat umum yang bertajuk Indonesia Negara Pemenang,'' jelasnya. 

Nantinya, lanjutnya, karya puisi akan dirangkum dalqm sebuah buku. ''Untuk lukisan, mungkin nanti akan dibuat menjadi cover buku,'' tandasnya. 

Kegiatan Erlangga Art Awards 2022 juga melibatkan para seniman, penyair, komposer, dan fotografer profesional yang hebat dan andal, di antaranya Heri Dono, Dolorosa Sinaga, Peri Sandi Huizche, Dinda Kanya Dewi, Bemby Gusti, Farah Wardani, Edward Tigor Siahaan, Arbain Rambey, Esti Nurjadin, Naufal Abshar, Dr. Ibnu Wahyudi, MA, Bunga Yuridespita, Gunnar Nimpuno, Cahyo Agung N., Monica Gunawan, dan Dr. Firman Hadiansyah, M. Hum. 

''Mereka adalah pekerja seni di Indonesia yang sangat produktif dan menginspirasi. Kami sangat berterima kasih karena mereka sudah berkenan membantu dalam proses penyelenggaraan kegiatan kami,'' katanya. 

Sementara itu, puncak dari kegiatan Erlangga Art Awards 2022 adalah pengumuman para pemenang lomba Painting Festival, Photography Festival, Creative Poetry Festival, dan Documentary Film Competition yang akan berlangsung pada 21 Mei 2022, pukul 18.30 hingga 21.00 WIB. 

''Lomba ini telah dilaksanakan pada Maret-April 2022, diikuti total hampir 6 ribu peserta yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, masyarakat umum dengan total hadiah Rp540 juta,'' tukasnya. 

Sementara itu, Heri Dono yang dipercaya sebagai juro tamu mengatakan kreativitas seni yang lahir melalui ruang-ruang imajinasi, inspirasi, fantasi, dan lain-lain yang membentuk kebenaran persepsi manusia yang multitafsir menjadi ajang penting di samping keberadaan logika, filsafat, science dan teknologi. 

''Seniman itu agen-agen intelektual. Imajinasi itu bisa lebih ke depan dibanding ilmu pengetahuan. Seniman itu selalu menstimulasi science dan teknologi,'' kata seniman yang berbasis di Yogyakarta itu. 

Kompetisi ini dapat menginspirasi platform edukasi dan kebudayaan serta memberikan wacana dan ide-ide segar bagi kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia.  Tema “Indonesia Negara Pemenang” sangat kontekstual dalam menggambarkan optimisme dan harapan yang tinggi bagi masa depan baru negara Indonesia. ''Saya berharap acara ini akan terus berlanjut dengan wacana global yang berskala internasional,'' tambahnya. (tim redaksi) 

#pameran
#pameranseni
#erlanggaartaward
#penerbiterlangga
#monumennasional
#heridono

Tidak ada komentar