Breaking News

Wilayah IKN Rawan Banjir, Kepala BPBD Kabupaten PPU: Perlu Normalisasi Sungai

Rencana pembangunan pemukiman masyarakat di IKN Nusantara. Foto: Kementerian PUPR

WELFARE.id-Sebagian wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ternyata rawan banjir. Karena itu diperlukan normalisasi sungai di daerah tersebut. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PPU menyatakan, normalisasi sungai di daerah rawan banjir di wilayah Kecamatan Sepaku, yang jadi lokasi IKN Nusantara membutuhkan dana miliaran rupiah. Normalisasi sungai yang dilakukan, termasuk perbaikan jembatan hingga pembangunan siring.

Kepala BPBD Kabupaten PPU Marjani mengatakan kalau normalisasi sungai tersebut harus dilakukan dari hulu hingga ke hilir, dengan penghitungan untuk jangka panjang. Apalagi, sebagian wilayah IKN, yaitu Desa Sukaraja, Kecamatan Sepaku merupakan daerah rawan banjir.

"Posisi paling rentan di Desa Sukaraja itu masalah endapan tanah (sedimentasi) di aliran sungai, jadi harus ada normalisasi sungai. DAS (daerah aliran sungai) di Desa Sukaraja belum pernah dinormalisasi dalam jangka waktu lama," terangnya, Kamis (7/4/2022).

Untuk pengendalian aliran sungai, katanya juga, dibutuhkan perbaikan saluran sekunder yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara. Tapi normalisasi daerah aliran sungai (DAS) tersebut menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Menurut Marjani juga, DAS menjadi kewenangan pemerintah pusat. Sehingga Pemkab PPU bisa berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menormalisasi sungai yang masuk wilayah IKN Nusantara tersebut.

Marjani juga menyebutkan kalau Pemkab PPU telah menyampaikan usulan normalisasi sungai di Desa Sukaraja kepada pemerintah pusat dan masuk perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 

"Perhitungan anggaran yang dibutuhkan untuk normalisasi sungai di Desa Sukaraja itu sekitar Rp1 miliar hingga Rp 3 miliar," tandas Marjani juga. (tim redaksi)


#ibukotanegara
#iknnusantara
#ibukotabaru
#rawanbanjir
#penajampaserutara
#kabupatenppu
#normalisasisungai
#kepalabpbdkabupatenppu 
#marjani

Tidak ada komentar