Breaking News

Waspada Jalur Mudik Lebak, Kepala BPBD: Rawan Longsor dan Pohon Tumbang!


WELFARE.id-Provinsi Banten menjadi salah satu akses bagi pemudik baik yang hendak ke Pulau Sumatera maupun ke sejumlah daerah di Pulau Jawa. Selain itu juga, banyak warga Provinsi Banten yang merantau akan pulang kampung pada Lebaran 2022 ini. 

Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten meminta para pemudik hati-hati karena adanya sejumlah titik rawan longsor di jalur mudik di daerah tersebut. 

Kepala BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan ada dua jalur alternatif mudik yang rawan longsor. Pertama, jalur utara dari arah Rangkasbitung ke Cimarga, Bojongmanik hingga Leuwidamar. "Itu adalah jalan rawan longsor dan pohon tumbang," kata Febby, Jumat (22/4/2022).

Kedua, jalur selatan menuju Cibeber dan Cilograng. Febby mengatakan jalur ini mempunyai tingkat bencana longsor yang rendah dibandingkan jalur utara. Meski begitu, jalur ini merupakan penghubung dari Kabupaten Lebak ke daerah Sukabumi, Jawa Barat.

"Cibeber, kalau melihat kontur (tanah) tidak terlalu ekstrem seperti jalur utara. Tapi yang kita khawatirkan itu jalan lintas dari Lebak ke Sukabumi dan sebaliknya. Jadi itu (masuk) titik pantauan kita, termasuk Cilograng," ujarnya juga. 

Febby juga mengatakan BPBD masih menunggu prakiraan cuaca saat arus mudik dari BMKG. Dia menyebut prakiraan cuaca dibutuhkan untuk mengeluarkan peringatan dini bahaya longsor di jalur mudik.

"Biasanya BMKG mengirimkan cuaca pada hari Sabtu sehingga nanti akan kita proses warning kepada masyarakat terkait jalur mudik itu," jelasnya juga.

Febby juga mengatakan BPBD akan membuat posko di jalur mudik rawan bencana tersebut. Dia mengatakan pos itu bisa digunakan warga untuk beristirahat.

"Kemacetan menjadi urusan kepolisian. Diperkirakan mudik tahun ini akan meningkat, maka kita akan mendirikan posko antisipasi bagi yang kelelahan, kecelakaan di jalur padat seperti jalur Citeras-Rangkasbitung," cetusnya. 

Febby juga mengimbau pemudik yang akan melintas melalui jalan rawan longsor untuk memperhatikan kondisi cuaca. Jika hujan ekstrem dan angin kencang maka pemudik diminta menepi kendaraannya sejenak.

”Cari tempat yang aman kalau cuaca ekstrem dan selalu waspada. Di jalur padat gunakan lah rest area untuk beristirahat. Kendaraan juga dicek karena kecelakaan bukan hanya faktor alam tapi kendaraannya apakah cukup aman dibawa saat mudik," pungkasnya. (tim redaksi)


#mudik
#lebaran2022
#idulfitri1443hijriah
#jalurmudikbanten
#jalurrawanbencana
#kepalabpbdlebak
#febbyrizkypratama

Tidak ada komentar