Breaking News

Warga Prancis Masih Percaya Kepemimpinan Macron, Ogah Dipimpin Capres "Antijilbab" Le Pen

Presiden Emmanuel Macron kembali terpilih dalam Pilpres Prancis, Minggu (24/4/2022). Foto: AFP

WELFARE.id-Emmanuel Macron masih dipercaya masyarakat Prancis untuk memimpin negara itu. Macron kembali memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) Prancis pada pemungutan suara yang digelar Minggu (24/4/2022).

Itu artinya, Macron jadi presiden Prancis pertama yang memenangkan lagi Pilpres dalam 20 tahun. Melansir AFP, Senin (25/4/2022), kandidat petahana itu mengalahkan Marine Le Pen, politisi sayap kanan yang "antijilbab". 

Sebab, dirinya terang-terangan berjanji akan melarang pemakaian jilbab bagi wanita Muslim di tempat umum, dalam janji kampanye di depan para pendukungnya. Macron menang dengan sekitar 58 persen suara, mengalahkan Le Pen yang hanya meraih 42 persen suara. 

Pendukung Macron memadati jalan-jalan di sekitar landmark ikonik di Paris saat hasil Pilpres diumumkan. Ada nyanyian "Macron, Presiden" ketika orang-orang menyanyikan lagu La Marseillaise, lagu kebangsaan Prancis. 

Macron tiba di Menara Eiffel untuk memberikan pidato kemenangan, tak lama setelah hasil pilpres diumumkan. "Mayoritas dari kita telah memilih untuk mempercayai saya," katanya, seperti dikutip AFP, Senin (25/4/2022). 

Ia berjanji akan bekerja untuk masyarakat yang lebih adil antara pria dan wanita. "Kita perlu menunjukkan rasa hormat karena negara kita sangat terpecah...tidak ada yang akan ditinggalkan di pinggir jalan," ujarnya. Macron juga memperingatkan tantangan di seluruh dunia.

"Perang Ukraina menunjukkan kita hidup melalui masa-masa tragis,” katanya, seraya menambahkan Prancis akan membangun kekuatan militernya. Sementara itu, rivalnya, Marine Le Pen sebelumnya mengakui kekalahan dan mengatakan dia tidak akan pernah meninggalkan orang-orang Prancis. 

Pemilih Le Pen, Francis Pretot, mengatakan kepada bbc bahwa dirinya tak yakin Macron bisa memimpin Prancis dengan baik. Istri Emmanuel Macron, Brigitte Macron, berbicara kepada televisi Prancis setelah pidato Macron, dan mengatakan terpilihnya kembali Macron adalah kehormatan yang luar biasa. 

Brigitte siap untuk masa jabatan lima tahun lagi sebagai Ibu Negara Prancis. "Kita semua ingin semuanya berubah. Saya berharap dengan sepenuh hati,” ucapnya. 

Dia juga menyatakan, suaminya telah memasuki sejarah dan mengatakan dia bahagia untuknya. Dia mengatakan Macron memiliki ambisi untuk Prancis. "Dia akan melakukan apa saja untuk sampai ke sana. Saya sangat percaya padanya," yakinnya. (tim redaksi)

#emmanuelmacron
#menangpilpresprancis
#pemilihanpresidenprancis
#marinelepen
#rivalpolitik
#petahana
#pilpres
#kemenanganmacron

Tidak ada komentar