Breaking News

Warga Pesisir Lebak Diminta Waspada, BPBD Siapkan Lokasi Evakuasi Jika Erupsi GAK Timbulkan Tsunami

Gunung Anak Krakatau. Foto: Ilustrasi/ Dok.PVMBG

WELFARE.id-Warga di Pesisir Lebak, Banten diminta waspada terhadap peningkatan aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK). 

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau seluruh pengelola usaha dan pemerintah daerah serta masyarakat untuk bersiaga setelah GAK berstatus siaga level 3. 

Dia menegaskan, hal tersebut bukan berarti waktunya melakukan evakuasi atau fase kedaruratan, namun siaga mempersiapkan evakuasi untuk menghadapi kemungkinan terburuk dari kondisi tersebut. 

Menanggapi hal itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengimbau masyarakat pesisir pantai agar mewaspadai erupsi GAK karena berpotensi menimbulkan bencana tsunami.

"Meski pantai selatan Lebak begitu jauh dengan pantai kawasan Pandeglang, namun  warga diminta waspada dan jangan lengah," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Lebak Agus Reza Faisal kepada wartawan, Rabu (27/4/2022).

Masyarakat pesisir selatan Lebak mulai Pantai Binuangeun sampai Bayah harus waspada potensi tsunami tersebut. "Kita harus siap siaga karena pesisir selatan Lebak juga masuk zona merah potensi tsunami," ulasnya.

Ia menambahkan, BPBD Lebak terus berkoordinasi dengan BMKG dan PVMBG untuk mendapatkan informasi, terkait kegempaan aktivitas Gunung Anak Krakatau. Masyarakat pesisir selatan Lebak juga diimbau tetap tenang menghadapi erupsi kegempaan GAK di perairan Selat Sunda, Lampung Selatan, Lampung.

"Kami minta warga tidak mudah menerima berita hoaks," imbaunya. Ia menjelaskan, peringatan kewaspadaan potensi tsunami akibat erupsi GAK juga terjadi pada 2018, sehingga masyarakat harus mewaspadai agar apabila kejadian serupa, tidak memakan korban jiwa.
 
Karena itu, masyarakat pesisir selatan Lebak diimbau dapat melakukan mitigasi dari sekarang. Selain itu juga, BPBD Lebak sudah membangun lokasi-lokasi evakuasi dan titik tempat kumpul yang aman dari bencana tsunami. "Kami minta warga pesisir waspada untuk mengurangi risiko kebencanaan," sarannya lagi. (tim redaksi)

#bmkg
#pvmbg
#bpbdlebak
#lebakbanten
#banten
#wargapesisirlebak
#gununganakkrakatau
#aktivitaskegempaan
#waspadatsunami

Tidak ada komentar