Breaking News

Wajah Baru Kalimalang, Serasa Jalan-jalan di Pinggir Sungai Korea

Wajah baru sungai Citarum, Kalimalang, Bekasi. Foto : instagram @satgascitarum

WELFARE.id-Proyek revitalisasi Kalimalang tahap II yang digadang-gadang mirip dengan Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan itu telah rampung. 

Diberi nama Taman Tarum Bhagasasi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil baru saja meresmikan proyek penataan Kalimalang di Jalan M Hasibuan, Kota Bekasi. Taman Tarum Bhagasasi ini merupakan proyek revitalisasi Kalimalang yang mulai dibangun pada 2019 dan diusulkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

Anggarannya sebesar Rp22 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. ''Sekarang bisa dinikmati, tempat ini tempat istirahat, atau bulan puasa ngabuburit itu juga bisa dipergunakan,'' ujarnya. 

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini juga menjelaskan, proyek yang baru rampung akhir tahun lalu merupakan revitalisasi tahap pertama yaitu zona selebrasi. Pihaknya akan membangun sebuah jembatan penghubung antara sisi selatan dan utara Kalimalang untuk tahap berikutnya. 

''Akhir tahun kita coba bangun jembatan supaya kita mau nyebrang ke sisi selatan tidak usah naek mobil muter ya, nanti jembatannya jadi ikon juga,'' tambahnya. 

Proyek revitalisasi Kalimalang di Kota Bekasi, kata Ridwan Kamil, direncanakan di beberapa titik secara bertahap. Zonanya berbeda-beda. Ada selebrasi, edukasi, dan komersil. Menurut dia, revitalisasi secara menyeluruh masih menunggu Tol Becakayu. 

''Akan juga bisa dilaksanakan tahap 2,3,4 seiring Tol Becakayu nya juga beres, kalau dibangun baru tolnya masuk takut nanti terbongkar lagi rusak lagi,'' tukasnya. (tim redaksi) 

#tamantarumbhagasasi
#sungaicitarum
#kalimalang
#bekasi
#jawabarat
#ridwankamil
#destinasiwisata

Tidak ada komentar