Breaking News

Usai Sepekan Nihil, Kasus Baru COVID-19 Muncul Lagi di Lingga


WELFARE.id-Setelah tidak terjadinya kasus penularan selama seminggu, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat satu kasus baru muncul di Kabupaten Lingga. Padahal, daerah tersebut nihil kasus aktif Corona selama sepekan belakangan ini.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kepri Eko Sumbaryadi mengatakan, Kabupate Lingga masih berstatus Zona Kuning atau risiko penularan rendah. "Mudah-mudahan pasien tersebut segera sembuh," kata Penjabat Sekda Kepri itu, Sabtu (9/4/2022).

Sementara itu, kasus aktif di Kabupaten Kepulauan Anambas tinggal lima orang, terendah kedua di Kepri. Anambas juga ditetapkan sebagai Zona Kuning. Sedangkan kasus aktif di Kabupaten Natuna sebanyak 13 orang, terendah ketiga. Namun Natuna masih Zona Oranye atau risiko penularan sedang. 

Untuk kasus aktif penularan Corona di Batam tinggal 17 orang, drastis berkurang dibanding Januari-pertengahan Maret 2022, yang jumlahnya mencapai lebih dari 1.500 orang. Saat ini, Batam ditetapkan sebagai Zona Kuning atau risiko penularan rendah.

Di Batam terdapat satu pasien COVID-19 yang meninggal dunia. "Kasus baru pasien meninggal dunia akibat COVID-19 terjadi di Batam," katanya juga

Kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Karimun sebanyak 22 orang dan Kabupaten Bintan 30 orang. Kedua daerah lebih dari sebulan masih sebagai Zona Kuning. "Kota Tanjungpinang menempati urutan terbanyak kasus aktif COVID-19. Saat ini jumlah kasus aktif di Tanjungpinang tinggal 60 orang," paparnya lagi.

Karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 setempat mengimbau masyarakat Kepri untuk tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Sebab, mobilitas penduduk semakin tinggi, dan pemerintah membuka akses wisman (wisatawan mancanegara) ke Kepri. 

"Kami minta masyarakat untuk tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan, tidak malah kendor di saat kasus aktif turun drastis," tandas Eko Sumbaryadi juga. (tim redaksi)


#penularancorona
#datahariancovid19
#kepulauankepri
#satgaspenanganancovid19kepri
#kasusmenurundrastis
#ketuahariansatgascovid-19kepri 
#ekosumbaryadi

Tidak ada komentar