Breaking News

Truk Tronton Terperosok, Jalur Mudik Palembang-Betung Macet Total

Kemacetan panjang yang terjadi di jalur mudik Palembang-Betung. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Ujian perdana kemacetan jalur mudik lintas Sumatera terjadi di Jalan lintas Timur Palembang-Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (23/4/2022). Kemacetan panjang terjadi pada arus mudik H-10 di jalan lintas Sumatera karena truk tronton kecelakaan

Truk tronton itu terperosok sehingga separuh badan jalan selebar 5 meter itu tertutup badan truk. Akibatnya, akses jalan lintas timur jalur Trans Sumatera itu terhambat. Karena menyebabkan kemacetan hingga lebih dari 10 kilometer (km). 

Kondisi itu diperparah dengan banyaknya pengendara terutama kendaraan pribadi yang mencoba melawan arus, membuat kemacetan bertambah panjang hingga berjam-jam lamanya.  

Truk tronton dengan nomor polisi (nopol) BK 8154 AF terperosok di Km 58 tepatnya di Desa Lubuk Lancang, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, karena tidak kuat menanjak lantaran muatan yang dibawa diduga melebihi tonase.

Kemacetan panjang yang terjadi, membuat belasan anggota Satlantas Polres Banyuasin berjibaku mengatur lalu lintas untuk segera mengurai kemacetan yang terjadi berjam-jam tersebut. Selain itu juga, petugas lainnya berusaha memindahkan truk tronton yang menghalangi akses jalan tersebut. 

Kapolres Banyuasin AKBP Imam Syafii melalui Kasat Lantas AKP Ricky Mozam mengatakan pihaknya berbagi tugas untuk melakukan penguraian kemacetan cukup parah yang disebabkan pengendara berusaha melawan arus.

Disisi lain, tim juga melakukan evakuasi truk yang terperosok di sisi jalan. ”Karena beban yang berat, penarikan terhadap truk sempat mengalami kendala. Tetapi, kami berupaya bagaimana truk ini bisa ditarik dan dipinggirkan ke sisi jalan, agar akses kendaraan bisa melintas," terangnya. 

Ricky juga mengatakan dua alat berat dikerahkan untuk menahan sisi truk agar tidak terguling. Pasalnya, muatan truk yang sangat berat ditakutkan membuat truk terguling ke arah kanan.

Upaya pengaturan lalu lintas juga dilakukan oleh polantas, karena banyak pengendara yang tidak sabar menunggu. Karena tak sabar membuat jalan bertambah macet usai mobil pribadi berupaya melawan arus.

Meski sudah diperingatkan, tetap saja masih ada pengendara yang memilih melawan arus. Pengaturan dilakukan polantas dengan cara menepikan kendaraan yang melawan arah, akhirnya bisa membuat arus lalu lintas mulai teratasi.

”Sore sekitar pukul 17.30, kondisi lalu lintas mulai terurai. Setelah truk berhasil kami tarik dengan mengerahkan dua alat berat," ungkap Ricky juga. (tim redaksi)

#mudik
#kemacetan
#truktrontonterperosok
#jalanlintastimurpalembang-betung
#kabupatenbanyuasin
#sumateraselatan 
#polresbanyuasin
#kasatlantas
#akprickymozam

Tidak ada komentar