Breaking News

Tetap Artistik, Masjid di Indonesia ini Dibangun Tanpa Kubah

Masjid Raya Sumatera Barat. Foto : instagram @adrianswirayudha

WELFARE.id-Masjid identik dengan bangunan yang dilengkapi dengan kubah. Namun, seiring perkembangan dunia arsitektur, terdapat sejumlah masjid ikonik dan menjadi kebanggaan, mengeliminasi keberadaan kubah dan minaret sebagai tipikal khas zaman dulu. 

Kemajuan arsitektur telah mengubah desain masjid menjadi lebih dinamis, dan relevan dengan kemajuan zaman. Modern dan kontemporer adalah ciri khas masjid saat ini. 

Berikut beberapa masjid dengan desain arsitektural modern tanpa kubah: 

1. Masjid Kopeng Merapi 

Masjid Kopeng Merapi atau Masjid Baiturrahman ini memiliki konsep yang tak biasa. Masjid yang berada di Dusung Kopeng, Sleman, Yogyakarta ini didesain dengan banyak bukaan kecil pada bagian dinding dan atap. Bukaan tersebut memungkinkan cahaya dan udara masuk ke dalam, dan dibuat menggunakan susunan bata yang membentuk kaligrafi lafadz Allah. 

Namun karena lokasi masjid di kaki gunung dengan temperatur mencapai 16 sampai 17 derajat celcius, maka bukaan-bukaan di masjid ditutup menggunakan kaca. Masjid ini menggunakan material batu bata yang terbuat dari abu vulkanik dan batu lokal untuk lantainya. 

2. Masjid Nuurur Rahmaan 

Masjid yang berada di kompleks Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ini memiliki perpaduan warna yang tak biasa. Mayoritas masjid diselimuti perpaduan warna kuning gading dan merah bata. Sedangkan bagian mimbar dihiasi dengan warna hijau. 

Kolom pembentuk mimbar juga menunjukkan waktu shalat wajib, yang berjumlah lima buah. Selain memiliki arti tersebut, kolom ini juga berfungsi memudahkan keluar masuknya aliran udara. 

Di bawah kolom terdapat kolam dengan air mengalir. Selain itu, seluruh dinding masjid dibuat terbuka dan dibangun dengan banyak lubang untuk memudahkan aliran udara. Masjid ini memadukan desain modern dan tradisional, dengan langgam Joglo. 

3. Masjid Raya Sumatera Barat 

Masjid Raya Sumatera Barat atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Mahligai Minang merupakan salah satu masjid terbesar di Kecamatan Padang Utara, Padang. 

Rancangan masjid ini merupakan karya dari Rizal Muslimin, pemenang sayembara desain Masjid Raya Sumatera Barat. Sayembara ini diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara pada tahun 2007. 

Desain bangunan menampilkan arsitektur modern yang tak selalu identik dengan kubah. Atap masjid mengikuti tipologi arsitektur tradisional Minangkabau dengan atap bergonjongnya. Masjid ini juga dihias dengan ukiran khas Minang sekaligus kaligrafi pada dinding bagian luar. 

4. Masjid Salman ITB 

Masjid Salman yang terletak di Kampus ITB. Masjid tanpa kubah ini dirancang oleh Alm. Achmad Noeman. Selain itu, masjid tanpa kubah ini juga dipenuhi dengan ornamen garis vertikal yang menandakan hubungan manusia dengan Tuhan dan garis horizontal menandakan hubungan sesama manusia. 

Masjid Salman memiliki atap yang terbuat dari beton dan berbentuk cekung yang memiliki makna ketika tangan menengadah ke atas untuk berdoa kepada Tuhan. 

5. Masjid Al Irsyad 

Masjid yang berlokasi di dalam kompleks Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat inipernah meraih predikat sebagai salah satu rumah ibadah terindah oleh National Frame Building Association. 

Berbentuk kubus, Masjid Al Irsyad ini memanfaatkan kekayaan sinar matahari dengan desain arah kiblat yang terbuka. Saat matahari terbenam, cahaya akan masuk dari bagian depan yang tidak berdinding. 

Sekeliling arah kiblat juga terdapat kolam yang memantulkan cahaya matahari dari plafon. Arsitek masjid, Ridwan Kamil mengatakan, desain masjid ini terinspirasi dari bentuk kubah di Masjidil Haram, Makkah, yang berbentuk kotak dengan lingkaran yang mengelilinginya. 

6. Majid 99 Cahaya 

Masjid 99 Cahaya yang menjadi salah satu masjid ciri khas dari daerah Tulang Bawang Barat, Lampung. Masjid tanpa kubah ini dirancang oleh Andramati. Masjid ini juga sengaja dibuat tanpa kubah, dan ditandai dengan tinggi bangunan yang menjulang. Filosofi tersebut menandakan hubungan antara manusia dengan Tuhannya. 

7. Masjid Al Safar 

Masjid yang berada di tol KM Cipularang. Masjid yang dirancang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini tepatnya terletak di rest area KM 88B di Tol Cipularang. 

Masjid tanpa kubah ini mempunyai bentuk bangunan yang unik dan modern menyerupai topi adat Sunda. Ada dua rest area yang berada di KM88 Cipularang. Namun hanya satu area saja -arah Bandung ke Jakarta- yang memiliki masjid dengan desain ini. 

8. Masjid Cheng Ho di Surabaya 

Masjid Cheng Ho merupakan bangunan masjid yang mengusung nuasan muslim Tionghoa sebagai filosofi bangunannya. Diresmikan sejak 2002, masjid ini mirip dengan bangunan kelenteng yang memiliki nuansa warna kuning, hijau dan merah. 

Masjid yang dibangun berkat inisiasi dari tokoh masyarakat muslim Tionghoa ini terletak 1 KM di sebelah utara Gedung Balaikota Surabaya. (tim redaksi

#masjid
#masjidtanpakubah
#wisatareligi
#arsitektur
#destinasiwisata

Tidak ada komentar