Breaking News

Tawarkan Konten Audio Lokal, NOICE Dapat Suntikan Dana Rp315,9 Miliar

Platform audio multivertikal NOICE. Foto: Istimewa

WELFARE.id-NOICE, platform audio multivertikal Indonesia baru saja mendapat suntikan dana sebesar USD22 juta atau Rp315,9 miliar dalam putaran pendanaan Seri A yang dipimpin Northstar Group, partisipasi yang dipimpin investor Alpha JWC, Kinesys, dan Go-Ventures, yang merupakan lengan investasi Gojek. 

"Kami akan menggunakan dana tersebut untuk mengembangkan komunitas pembuat konten audio, memajukan platform teknologi, dan melipatgandakan upaya kami dalam mengembangkan seri audio," kata CEO NOICE Rado Ardian, melansir laman e27, Kamis (21/4/2022). 

Mereka ingin menampilkan lebih banyak cerita dari penulis terbaik Indonesia, baik itu novelis ataupun dongeng untuk diadaptasi ke format audio. "Kami telah menguji coba format baru ini dan menemukan hasil interaksi dan retensi yang sangat menjanjikan," sambungnya.

Putaran pendanaan ini datang beberapa minggu setelah NOICE mengumumkan investasi strategis oleh RANS Entertainment, perusahaan konten terkemuka yang didirikan oleh pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. 

Diluncurkan pada Juni 2018 sebagai platform streaming radio, NOICE menawarkan konten audio lokal, termasuk radio, musik, buku audio, dan podcast, ke pendengar terdaftar di seluruh Indonesia.

Mahaka Media Group, sebuah perusahaan yang didirikan menteri BUMN Erick Thohir, adalah investor utama di NOICE. NOICE membedakan dirinya dari pesaing globalnya Spotify, melalui konten in-house hyperlocal platform.

Menurutnya, NOICE fokus pada produksi dan kurasi konten audio lokal di berbagai vertikal audio dan menampung lebih dari 40.000 konten. Perusahaan tersebut juga bekerja sama dengan komunitas penulis lokal untuk meluncurkan serial drama audio asli.

Saat ini, pihaknya telah melayani lebih dari dua juta pengguna dan mengklaim telah tumbuh lebih dari 4 kali selama setahun terakhir. Pendengar aplikasi NOICE bahkan telah menghabiskan sekitar 80 menit per hari di platform tersebut.

Platform audio ini juga menjalankan program pengembangan kreator end-to-end untuk memandu para kreator sepanjang perjalanan kreatif mereka. Selain itu, aplikasi ini juga mencakup platform SaaS pembuatan audio eksklusif yang memungkinkan kreator membangun dan mempublikasikan kontennya secara langsung di NOICE.

"Pengguna dan kreator selalu menjadi prioritas utama kami," ucap Rado. Pihaknya berharap bisa melahirka calon pencipta baru dan talenta hyperlocal hingga mega influencer.

"Sementara di pihak kreator, kami ingin berinvestasi dalam membangun Noicemaker Studio. Baru-baru ini kami meluncurkan platform yang berfokus pada kreator di mana para kreator dapat mengembangkan acara mereka dan membuka potensi monetisasi yang didorong oleh kreator,” tuntasnya. (tim redaksi)

#pendanaanseria
#suntikandana
#alphajwc
#kinesys
#goventures
#northstargroup
#noice
#platformaudiomultivertikal
#penulislokal
#kreator

Tidak ada komentar