Breaking News

Tanpa Obat dan Olahraga, Intip Tips Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi secara Alami

Gula darah tinggi. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Gula darah tinggi sebenarnya bisa diatasi secara alami. Hanya saja, butuh keteraturan dan keberlanjutan.

Tanpa obat dan olahraga, begini cara alami menurunkan kadar gula darah untuk penderita diabetes. Melansir Healthline, Jumat (15/4/2022), kadar gula darah yang tinggi secara kronis bisa menyebabkan komplikasi ekstremitas dan mengancam jiwa. 

Faktor eksternal gula darah tinggi termasuk pilihan makanan, obat-obatan tertentu, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, dan stres. Penyebab internal gula darah tinggi termasuk ketika hati menghasilkan terlalu banyak glukosa.

Sehingga tubuh kita membuat terlalu sedikit insulin, atau tubuh kamu tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Coba lakukan hal ini agar kadar gula kamu turun alami tanpa obat-obatan:

1. Tidur cukup berkualitas

Tidur yang cukup sangat butuhkan untuk tubuh. Faktanya, kebiasaan tidur yang buruk dan kurang istirahat bisa memengaruhi kadar gula darah juga sensitivitas insulin, sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. 

Kurang istirahat juga dapat meningkatkan nafsu makan dan  berat badan. Selain itu, kurang tidur meningkatkan kadar hormon kortisol, yang memainkan peran penting dalam manajemen gula darah.

Tidur yang cukup adalah tentang kuantitas dan kualitas. National Sleep Foundation merekomendasikan, agar orang dewasa mendapatkan setidaknya 7-8 jam tidur berkualitas tinggi per malam.

Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, cobalah untuk:

- Ikuti jadwal tidur;
- Hindari kafein dan alkohol di sore hari;
- Berolahraga secara teratur;
- Kurangi menggunakan hp sebelum tidur;
- Menjaga kamar tidur Anda tetap sejuk;
- Batasi tidur siangmu;
- Buat rutinitas sebelum tidur;
- Gunakan aroma yang menenangkan seperti lavender;
- Hindari bekerja di kamar tidur;
- Mandi air hangat atau mandi sebelum tidur;
- Coba meditasi atau imajinasi terbimbing.

2. Minum air dan tetap terhidrasi

Minum cukup air bisa membantu kamu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. Selain mencegah dehidrasi, minum air putih juga membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urin.

Satu ulasan studi observasional menunjukkan, mereka yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah terkena kadar gula darah tinggi. Minum air secara teratur dapat merehidrasi darah, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi risiko diabetes.

Ingatlah, air dan minuman nol kalori lainnya adalah yang terbaik. Hindari pilihan minuman manis dengan gula, karena ini bisa meningkatkan glukosa darah, mendorong penambahan berat badan, dan meningkatkan risiko diabetes.

3. Cobalah untuk mengelola tingkat stres Anda

Stres bisa memengaruhi kadar gula darah. Saat stres, tubuh kamu mengeluarkan hormon yang disebut glukagon dan kortisol, yang menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Satu studi termasuk sekelompok siswa menunjukkan, olahraga, relaksasi, dan meditasi secara signifikan mengurangi stres dan menurunkan kadar gula darah. Latihan dan metode relaksasi seperti yoga dan pengurangan stres berbasis kesadaran juga dapat membantu memperbaiki masalah sekresi insulin di antara orang-orang dengan diabetes kronis. (tim redaksi)

#tipsmenjagakadarinsulin
#menekankadarguladarah
#menurunkanguladarahsecaraalami
#insulin
#hindaristres
#stopminumanmanis
#tidurcukup
#minumairputih

Tidak ada komentar