Breaking News

Syarat Baru Mudik Naik Kereta Api, termasuk Membawa Anak-Anak

Ilustrasi sejumlah pemudik yang turun di Stasiun Bandung, Jawa Barat, saat arus mudik Lebaran 2021 lalu. Foto: Dok. PT KAI

WELFARE.id-Persyaratan terbaru bagi pemudik kereta api dan membawa anak-anak diberlakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Anak-anak usia 6-17 tahun yang akan melakukan perjalanan mudik bersama keluarga tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes COVID-19 pada mudik Lebaran 2022 ini. 

Namun, ada syaratnya jika anak-anak usia 6-17 tahun tersebut sudah mendapatkan vaksin COVID-19 sebanyak dua dosis atau sudah vaksin dosis kedua. 

Artinya, penumpang usia 6-17 tahun wajib menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 dosis kedua sebagai bukti. Aturan tersebut berlaku mulai Rabu (20/4/2022). 

”Jadi mulai tanggal 20 April 2022, pelanggan KA jarak jauh berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen,” ujar VP Public Relations PT KAI (Persero) Joni Martinus dalam keterangan resminya Jumat (22/4/2022). 

Aturan mudik terbaru itu menyesuaikan dengan Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan (Menhub) Nomor 49 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi. 

SE tertanggal 19 April 2022 itu melengkapi aturan sebelumnya yakni SE Menteri Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022. Pada SE Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2022, terdapat satu poin tambahan ketentuan syarat mudik naik kereta api Lebaran 2022 bagi penumpang usia 6-17 tahun. 

Disebutkan dalam SE terbaru kalau pelaku perjalanan kereta api antarkota yang berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen, namun wajib melampirkan kartu atau sertifikat vaksinasi dosis kedua.

Selain itu, ujar Joni juga, bahwa anak usia 6-17 tahun yang baru mendapatkan vaksin COVID-19 dosis pertama tetap wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang berlaku selama 3x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Berikut ini selengkapnya syarat mudik terbaru bagi anak-anak menggunakan KA jarak jauh: 

1. Wajib sudah vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19 
2. Bila sudah vaksin kedua tetap wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam 
3. Bila baru disuntik vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam 
4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam 
5. Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen. 
6. Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan. 

Untuk diketahui, saat ini PT KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi PeduliLindungi. Integrasi tersebut efisien untuk memvalidasi data vaksin dan hasil tes COVID-19 pelanggan sehingga memperlancar proses pemeriksaan. 

Selain itu, hasilnya bisa diketahui langsung oleh PT KAI saat pemeriksaan tiket melalui KAI Access maupun saat boarding di stasiun kereta. Selain itu bagi masyarakat yang memakai bukti vaksin dan juga hasil tes COVID-19 fisik masih bisa diterima. (tim redaksi)

#mudik
#lebaran2022
#idulfitri1443hijriah
#syaratperjalananmudik
#keretaapijarakjauh
#ptkai
#aturanbaru
#kementerianperhubungan
#kemenhub

Tidak ada komentar