Breaking News

Status Gunung Anak Krakatau Siaga, Bagaimana Jalur Mudik?

Ilustrasi Gunung Anak Krakatau. Foto : twitter @rohmatullah1994

WELFARE.id-Status Gunung Anak Krakatau (GAK) meningkat dari waspada Level II menjadi siaga Level III terhitung sejak 24 April 2022 pukul 18.00 WIB. Peningkatan status ini disematkan setelah adanya peningkatan aktivitas gunung api yang berada di selat Sunda itu. 

Bahkan dari pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), GAK saat ini masih dalam periode erupsi menerus. Hasil estimasi energi seismik saat ini teramati meningkat tajam bersamaan dengan membesarnya amplitudo Tremor menerus dan semakin intensnya kejadian erupsi yang menerus. 

Erupsi GAK ini bertepatan dengan masa mudik Lebaran 2022. Lantas apakah aktivitas pelayaran kapal mudik yang menuju Sumatera terdampak karena hal ini? 

Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan, potensi bahaya saat ini adalah lontaran material pijar dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi, sehingga masyarakat yang bermukim atau beraktivitas di luar jarak radius 5 kilometer dari pusat kawah relatif aman. 

Ia memastikan masyarakat yang mudik menggunakan kapal laut masih aman karena jaraknya puluhan kilometer dari Gunung Anak Krakatau. ''Masyarakat yang ada di luar lima kilometer itu tetap tenang, termasuk masyarakat yang melakukan mudik menggunakan transportasi kapal laut yang jaraknya puluhan kilometer (dari Gunung Anak Krakatau),'' ujarnya dalam keterangannya, dikutip Selasa (25/4/2022). 

Kendati demikian Hendra meminta masyarakat tetap memperhatikan perkembangan informasi aktivitas erupsi yang dikeluarkan Badan Geologi. ''Jadi relatif aman, tetapi untuk kehati-hatian diminta untuk tetap mengikuti update informasi yang dikeluarkan Badan Geologi,'' tambahnya. 

Sementara itu, Direktur Komersial dan Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry, Yusuf Hadi menyampaikan, sejumlah skenario sudah disiapkan untuk mengantisipasi kondisi kapal saat melaju di tengah terjadinya erupsi. 

Menurut Yusuf, antisipasi tersebut salah satunya dengan menyiapkan petugas yang sudah dilatih untuk menghadapi situasi laut saat erupsi, termasuk terus memantau status GAK dari PVMBG. (tim redaksi) 

#gununganakkrakatau
#gunungkrakatau
#erupsi
#jalurmudik
#lintassumatera

Tidak ada komentar