Breaking News

Sinergi DPD KNPI dan DPD Badar Kabupaten PALI Berikan Bantuan untuk Dua Lansia Terlantar

Pengurus DPD KNPI Kabupaten PALI dan DPD Badar Kabupaten PALI berpose usai memberikan bantuan kepada salah satu lansia, Minggu (24/4/2022). Foto: DPD KNPI PALI.

WELFARE.id-Kepedulian ditunjukkan jajaran pengurus DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan pengurus DPD Barisan Pemuda Rakyat (Badar) Kabupaten PALI.

Kedua organisasi pemuda itu memberikan bantuan kepada dua lansia yang hidupnya sebatang kara dan tinggal di tempat yang tak layak huni dan kekurangan pangan. Kedua lansia itu kini tinggal di rumah yang bisa disebut gubug tanpa peralatan rumah tangga memadai.

Dua lansia itu masing-masing bernama Hopiah, 82, tinggal di Desa Suka Manis, dan Siti Sainap, 72, tinggal di Desa Tanah Abang Selatan, keduanya masuk Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI. 

Mendapatkan laporan kesulitan hidup dua lansia itu melalui video viral di media sosial (medsos) pengurus DPD KNPI Kabupaten PALI dan DPD Badar Kabupaten PALI langsung turun tangan memberikan bantuan.

Langsung dipimpin Fardinan Marcos yang juga Ketua DPD KNPI Kabupaten PALI, dan Ketua DPD Badar Kabupaten PALI Dedi Triwijayanto mengunjungi kedua lansia tersebut, sambil memberikan bantuan, Minggu (24/4/2022).

”Bersama dua organisasi kepemudaan ini, kami bersatu dan bersinergi untuk memberikan bantuan kepada kedua lansia itu,” terang Fardinan Marcos sembari mengatakan kalau bantuan itu diberikan bertepatan dengan HUT ke-9 Kabupaten PALI tersebut. 

Bantuan yang diberikan dua organisasi kepemudaan itu kepada dua lansia tersebut, antara lain: sembako, peralatan rumah tangga, akses jaminan kesehatan, akses listrik, dan gotong royong membersihkan tempat tinggal mereka. 

Untuk diketahui, kedua lansia tidak mampu yang tinggal di wilayah Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI ini sudah lama menderita, dan kurang terurus. Bahkan, kehidupan susah dua lansia miskin itu sempat viral di media sosial (medsos) menjadi buah bibir di masyarakat.

”Pemuda itu jangan hanya bisa berwacana, namun pemuda harus merasakan, tersentuh nuraninya, untuk hadir dan segera bertindak ikhlas tanpa pamrih bila ada yang membutuhkan di sekitar kita,” terang juga Ketua DPD KNPI PALI Fardinan, Minggu (24/4/2022).

Dalam kegiatan pemberian bantuan sembako itu, tampak hadir Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten PALI dr Zamir dan Ketua DPD Badar Kabupaten PALI Dedi Triwijayanto. 
 
”Pemuda harus mempu menjawab setiap permasalahan bangsa, khususnya yang terjadi di Kabupaten PALI. DPD KNPI dan DPD Badar hadir mengatasi permasalahan kedua lansia ini, meskipun pemerintah daerah belum bisa hadir,” ungkap Fardinan lagi.  

Karena itu, Fardinan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI agar cepat tanggap karena kedua lansia itu sudah bertahun tahun terlantar dan menempati tempat tinggal yang tak layak huni yang kondisinya cukup memprihatinkan. Apalagi umur kedua lansia itu sudah 70 tahun lebih.

Fardinan juga memaparkan kalau DPD KNPI Kabupaten PALI bersma DPD Badar Kabupaten PALI berhasil menghimpun donasi baik berupa materi dan non materi dari anggota kedua organisasi itu sehingga bisa meringankan beban kedua lansia tersebut, terutama kebutuhan sehari-hari. 

”Alhamdulillah, hari ini kita bisa batu beras, sembako, tikar, kasur, lemari, dan peralatan masak, serta kita pasang lampu dengan aliran listrik meskipun masih menumpang dengan tetanganya. Semua ini atas kerja sama dan bantuan dari anggota KNPI dan anggota Badar,” cetusnya. (tim redaksi)

#bantuan
#kepedulian
#dpdknpikabupatenpali
#dpdbadarkabupatenpali
#ketuadpdknpipali
#fardinanmarcos
#provinsisumateraselatan
#knpi
#energyofharmony

Tidak ada komentar