Breaking News

Siapa Bilang Penderita Asma Tak Boleh Olahraga? Intip 5 Rekomendasi Ini

Orang dengan asma. Foto: Ilustrasi/ Net 

WELFARE.id-Informasi bahwa orang asma dilarang berolahraga tidak sepenuhnya benar. Asma merupakan penyakit gangguan pernapasan jangka panjang yang dapat membuat penderitanya sesak napas mendadak, sakit pada dada, hingga batuk.

Sehingga, banyak orang masih mempercayai bahwa penderita asma tidak boleh berolahraga seperti orang lain, karena takut menyebabkan kekambuhan. Sebenarnya, ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan penderita asma. 

Tentunya, dengan porsi yang tepat. Dengan pemilihan olahraga yang tepat, kualitas hidup penderita asma justru akan semakin meningkat dan gejala penyakit tersebut bisa berkurang. 

Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/4/2022), berikut ini adalah olahraga yang cocok untuk penderita asma dan bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran fisik:

1. Jalan Kaki atau Hiking 

Jalan kaki santai secara rutin selama 12 minggu setiap harinya diyakini dapat mengendalikan asma dan meningkatkan kebugaran tubuh. Aktivitas ini dapat dilakukan selama 30 menit setiap hari dengan disertai pemanasan dan pendinginan yang masing-masing selama 5 menit.

2. Bersepeda Santai

Olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita asma berikutnya adalah bersepeda santai. Bagi pengidap asma, olahraga ini ideal dilakukan dengan kecepatan 20-30 km/jam.

3. Yoga

Yoga tergolong olahraga yang sangat aman bagi penderita asma. Setiap gerakan yoga dapat mengoptimalkan pernapasan karena melibatkan tarikan nafas yang teratur dan gerakan berdampak rendah. Jika dilakukan secara rutin 2-3 jam/minggu, yoga bahkan dapat mengurangi risiko kambuh pada penderita penyakit asma.

4. Berenang

Olahraga renang dapat membangun otot-otot yang digunakan untuk bernapas serta dapat membuat paru-paru mendapatkan banyak asupan udara hangat dan lembab. Namun, tidak disarankan untuk berenang terlalu lama karena klorin pada air kolam renang juga dapat berdampak kurang bagus pada penderita asma.

5. Latihan Durasi Pendek

Olahraga yang tergolong latihan durasi pendek juga menjadi aktivitas kebugaran yang cocok bagi penderita asma. (tim redaksi)

#penderitaasma
#olahragayangcocok
#olahragayangtepat
#yoga
#olahragapernapasan
#jalankakisantai
#bersepeda
#tipsolahraga

Tidak ada komentar