Breaking News

Selain Cokelat Kinder Joy, 5 Makanan Ini Juga Bisa Terkontaminasi Salmonella

Daging ayam mentah. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Cokelat Kinder Joy terpaksa ditarik dari peredaran gara-gara wabah salmonella di Eropa. Indonesia juga, melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah menginstruksikan penarikan cokelat kegemaran anak-anak itu untuk diteliti lebih lanjut.

Mengutip laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bakteri salmonella merupakan 1 dari 4 penyebab utama penyakit diare di dunia. Manusia umumnya terinfeksi melalui air atau makanan yang terkontaminasi.

Bakteri salmonella paling sering masuk ke tubuh manusia melalui makanan dan minuman. Kamu bisa terkena infeksi jika tidak memasak makanan tertentu dengan baik.

Berikut beberapa makanan yang berpotensi terkontaminasi bakteri salmonella dikutip dari berbagai sumber, Selasa (19/4/2022):

1. Sayuran

Sebuah studi dari Universitas Birmingham mengungkapkan bahwa bakteri salmonella enterica serovar dapat menginfeksi sayuran dan dapat menyebabkan risiko kesehatan bagi orang yang memakannya.  

Beberapa jenis sayuran yang dilaporkan sempat ditarik di luar negeri karena dugaan infeksi bakteri ini, antara lain lettuce dan sayuran hijau yang biasa digunakan sebagai salad. 

Melansir Science Daily, Selasa (19/4/2022), sayuran dapat terkontaminasi salmonella jika dipupuk dengan kotoran yang mengandung salmonella atau diairi dengan air yang terkontaminasi bakteri tersebut. 

Sayuran juga dapat mengandung bakteri salmonella jika bersentuhan dengan peralatan atau produk lain yang mengandung bakteri tersebut selama proses pemotongan, pencucian, pengemasan, dan persiapan. Namun proses memasak sayuran sampai matang bisa membunuh bakteri ini. 

2. Produk Susu Mentah

Susu mentah merupakan susu yang belum dipasteurisasi untuk membunuh bakteri berbahaya. Akibatnya, susu mentah dan produk susu mentah seperti keju, es krim, dan yogurt dapat mengandung berbagai bakteri bahaya, termasuk salmonella.

Melansir CDC, susu bisa terkontaminasi dari kotoran hewan yang bersentuhan langsung dengan susu. Selain itu, susu juga terkontaminasi dari peralatan pekerja susu, seperti pakaian dan sepatu yang kotor.

3. Melon

Melon dikaitkan dengan wabah salmonella braenderup yang telah mempengaruhi 200 orang di lebih dari 10 negara seperti Denmark, Finlandia, Belanda, Kanada, dan Swiss. Melansir Huffington Post, bakteri salmonella bisa masuk ke melon dengan beberapa cara. 

Bakteri bisa menempel pada kulit melon yang tidak dibersihkan dengan benar. Melon yang disimpan pada suhu yang cukup dingin juga bisa mendorong pertumbuhan bakteri.

4. Telur

Telur yang terlihat segar dengan cangkang yang bersih masih memiliki kemungkinan mengandung bakteri salmonella. Bakteri dapat menginfeksi telur dengan berbagai cara.

Salah satu caranya adalah dengan terkontaminasinya cangkang telur dengan kotoran ayam. Bakteri ditularkan ke telur ayam yang mengerami telurnya.

Solusinya, telur ayam harus dimasak sampai benar-benar matang untuk mematikan bakteri. Hindari makan telur mentah atau setengah matang jika tak yakin telur bebas Salmonella.

5. Daging Mentah

Daging mentah atau setengah matang bisa menyebabkan penyakit. Daging mentah mengandung bakteri seperti E. coli, yersinia, dan salmonella.

Bakteri bisa berasal dari hewan seperti ayam dan sapi yang membawa salmonella lalu menularkannya melalui fesesnya. Daging juga bisa terkontaminasi salmonella dari air.

Apa itu salmonella?

Salmonella adalah jenis bakteri yang menyebar dengan memakan makanan yang terinfeksi bakteri tersebut. Infeksi Salmonella sangatlah menular dan dikenal dengan istilah salmonellosis. 

Seseorang, hewan, atau benda yang membawa bakteri semuanya dapat membuat kamu terkena salmonellosis. Kamu wajib tahu gejala terkena bakteri salmonella:

- Kehilangan nafsu makan;
- Diare;
- Kram perut;
- Sakit kepala parah;
- Panas dingin;
- Demam;
- Merasa mual;
- Muntah;
- Dan ada darah pada tinja.
(Tim redaksi)

#bakterisalmonella
#terkontaminasi
#menular
#gejalaterkontaminasisalmonella
#makananyangbisaterkontaminasisalmonella
#upayapencegahan
#tipssehat

Tidak ada komentar