Breaking News

Sambangi Gedung Putih, Obama dan Biden Reunian

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyalami teman sekaligus mantan Presiden Barack Obama saat acara penandatanganan Undang-Undang Perawatan Terjangkau di Ruang Timur di Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Selasa (5/4/2022). Foto: Leah Millis/Reuters

WELFARE.id-Reuni terjadi di Gedung Putih. Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama kembali ke Gedung Putih pada Selasa (5/4/2022). Momen reuni bersama Presiden Joe Biden ini pertama kali sejak presiden pertama AS berkulit hitam itu meninggalkan Gedung Putih pada 2017 silam.

Obama tiba di East Room dengan sorak-sorai dari kerumunan anggota Kongres dan staf pemerintahan yang berkumpul menyambut kedatangannya. Mereka berkomentar tentang perubahan yang telah dibuat di Gedung Putih sejak dia terakhir berada di sana, terutama kedatangan seekor kucing.

"Bo dan Sunny akan sangat tidak senang," ujar Obama bergurau mengacu pada anjing-anjing keluarganya.

Obama bercanda menyebut Biden sebagai wakil presiden sebelum mengoreksi dirinya sendiri, memberikan penghormatan untuk rekan kerjanya dulu yang kini menjabat sebagai presiden AS. 

Obama juga memberikan pujian luas atas Undang-Undang Perawatan Kesehatan Terjangkau, yang digambarkan sebagai titik tertinggi pada masa jabatannya.

"Jika Anda bisa mendapatkan jaminan kesehatan dan perlindungan yang lebih baik untuk jutaan orang, itu, mengutip seorang Amerika yang terkenal, cukup ... penting," kata Obama yang disambut tawa dari kerumunan karena merujuk pada pernyataan Biden ketika undang-undang itu ditandatangani.

Biden yang menjamu Obama untuk makan siang bercanda bahwa kedua pria itu tidak tahu harus duduk di mana ketika akan makan. Dia pun balas memuji Obama atas kepemimpinannya dalam mengawal undang-undang perawatan kesehatan.

"Undang-Undang Perawatan Kesehatan Terjangkau telah disebut banyak hal tetapi Obamacare adalah yang paling pas," kata Biden.

Sementara itu, Obama tetap menjadi tokoh populer, Biden menghadapi peringkat persetujuan publik yang hampir tidak ada karena inflasi yang tinggi dan pandemi COVID-19 yang berkepanjangan. Akibatnya, Demokrat menghadapi risiko kehilangan kendali setidaknya satu, jika bukan keduanya, pada Kongres pada November.

Lalu, Biden pun meluncurkan langkah untuk memperbaiki elemen undang-undang perawatan kesehatan yang dikenal sebagai "kesalahan keluarga". Celah ini membuat anggota keluarga dari mereka yang memiliki akses ke jaminan kesehatan yang disediakan pemberi pekerjaan tidak memenuhi syarat untuk pemberian subsidi tertentu.

Biden mengakhiri sambutannya dengan mengatakan "Barack, saya akan mengingatkan Anda: ini adalah mikrofon yang panas," merujuk pada pembahasan yang akan dibicarakan.

Berfokus pada perawatan kesehatan telah membantu Partai Demokrat secara politik di masa lalu. Obamacare adalah pencapaian legislatif tertinggi Obama dan Partai Republik telah berulang kali mencoba dan gagal untuk mencabutnya.

Obama dan Biden yang menjadi pasangam presiden dan wakil presiden AS ini menjadi teman cukup dekat, dengan bertemu untuk makan siang mingguan. Keluarga mereka menjadi dekat dan Obama berbicara di pemakaman putra Biden, Beau.

"Mereka adalah teman sejati, bukan hanya teman Washington, jadi saya yakin mereka akan berbicara tentang peristiwa di dunia serta keluarga dan kehidupan pribadi mereka," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki sehari sebelum pertemuan keduanya terjadi. (tim redaksi)


#gedungputih
#presidenamerikaserikat
#barrackobama
#joebiden
#reunian
#obamacare
#biayakesehatanterjangkau

Tidak ada komentar